Pengembangan buku kumpulan model pembelajaran akuntansi berbasis game untuk guru / Dian Tri Ratna Dewi - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan buku kumpulan model pembelajaran akuntansi berbasis game untuk guru / Dian Tri Ratna Dewi

Dewi, Dian Tri Ratna (2013) Pengembangan buku kumpulan model pembelajaran akuntansi berbasis game untuk guru / Dian Tri Ratna Dewi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Dewi Dian Tri Ratna. 2013. Pengembangan Buku Kumpulan Model Pembelajaran Akuntansi Berbasis Game untuk Guru. Skripsi Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Diana Tien Irafahmi S.Pd M.Ed (II) Sulastri S.Pd M.SA. Kata Kunci pengembangan model pembelajaran akuntansi game permainan. Seorang guru profesional dalam menyampaikan pelajaran khususnya pelajaran akuntansi dituntut untuk mengembangkan kreativitasnya dalam memilih model pembelajaran dan menciptakan inovasi sehingga pembelajaran berlangsung menyenangkan. Salah satu metode untuk menciptakan pembelajaran yang santai dan menyenangkan adalah dengan metode permainan atau game edukatif (Kariyawan 2008). Namun hasil wawancara menunjukkan bahwa mayoritas guru masih kesulitan dalam merancang model pembelajaran berbasis permainan. Oleh karena itu dibutuhkan fasilitas atau sarana yang dapat mempermudah guru dalam pengimplementasian model pembelajaran berbasis game. Hasil wawancara juga menunjukkan bahwa guru lebih suka membaca literatur seperti buku daripada melihat video tutorial dan sejenisnya. Akan tetapi saat ini masih jarang diterbitkan buku mengenai model pembelajaran khususnya pembelajaran akuntansi berbasis permainan. Berangkat dari permasalahan inilah peneliti mencoba mengembangkan sebuah panduan berupa buku yang berisi kumpulan model pembelajaran akuntansi berbasis game. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah produk berupa buku yang bertajuk Enjoy The Game Menciptakan Pembelajaran Akuntansi yang Menyenangkan Why Not sebagai panduan bagi guru untuk memberikan inovasi dalam pembelajaran khususnya pelajaran akuntansi. Penelitian ini menggunakan rancangan R D dengan model milik Borg and Gall (dalam Sugiyono 2011) yang telah disesuaikan dengan keterbatasan waktu sehingga menghasilkan 8 tahap yang harus dilalui yaitu (1) menemukan potensi dan masalah (2) mengumpulkan data (3) desain produk (4) validasi desain (5) revisi desain (6) uji coba produk (7) revisi produk dan (8) pembuatan produk akhir. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara sedangkan analisis data dilakukan dengan teknik deskriptif persentase. Berdasarkan hasil analisis data tersebut diperoleh hasil analisis validitas kepada ahli komponen kegrafikaan menghasilkan persentase 94 81% atas keseluruhan item. Hasil ini menunjukkan bahwa buku ini telah valid baik segi ukuran tata letak desain kulit tipografi desain ilustrasi desain kulit tata letak desain isi tipografi desain isi dan ilustrasi desain isi buku. Analisis oleh para responden yaitu guru menghasilkan rata-rata persentase sebesar 82 59% yang berarti buku yang berisi model-model pembelajaran berbasis game yang dikembangkan telah valid dan layak digunakan untuk pendukung kegiatan guru dalam proses pembelajaran. Saran peneliti untuk pengembang selanjutnya adalah agar lebih menambah ide atau jenis permainan (game) dalam buku tersebut dan model pembelajaran yang disajikan dapat diimplementasikan untuk pelajaran selain akuntansi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 16 Oct 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/34646

Actions (login required)

View Item View Item