Wibowo, Anthony (2013) Pengaruh blended learning versus conventional learning model terhadap hasil belajar siswa (studi kasus pada SMK Islam Batu) / Anthony Wibowo. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Wibowo Anthony. 2013. Pengaruh Blended Learning versus Konvensional Learning Model terhadap Hasil Belajar Siswa (Studi Kasus pada SMK Islam Batu). Skripsi Jurusan Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Tuhardjo S.E. M.Si. Ak. Pembimbing (2) Diana Tien Irafahmi S.Pd. M.Ed. Kata kunci model pembelajaran blended learning hasil belajar. Pembelajaran konvensional (face to face) di dalam kelas memiliki beberapa kelemahan. Pembelajaran konvensional kurang memiliki inovasi dalam pembelajaran karena proses pembelajaran lebih berpusat pada guru. Pengembangan model pembelajaran online jarak jauh (e-learning) diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Ternyata model pembelajaran ini juga memiliki keterbatasan yaitu kurangnya interaksi antara guru dan siswa. Berawal dari keterbatasan dari dua model pembelajaran di atas dikembangkan model pembelajaran gabungan antara pembelajaran face to face dan pembelajaran online. Blended learning merupakan solusi dari berbagai keterbatasan yang dimiliki oleh pembelajaran konvensional dan pembelajaran online. Salah satu media yang dapat dimanfaatkan sebagai media online dalam pembelajaran blended learning adalah situs jejaring sosial facebook. Situs tersebut sangat dikenal oleh siswa karena semua siswa memiliki akun facebook dan sangat menarik jika dimanfaatkan untuk proses pembelajaran.Penelitian ini bertujuan untuk mencari perbedaan hasil belajar akuntansi siswa antara kelas eksperimen yang menggunakan model blended learning dengan memanfaatkan situs jejaring sosial facebook dengan kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Penelitian ini termasuk jenis penelitian eksperimen yang dilaksanakan di SMK Islam Batu. Subjek yang diteliti pada penelitian ini adalah siswa kelas XI Akuntansi I yang berjumlah 33 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas XI Akuntansi II yang berjumlah 30 siswa sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah soal pretest dan posttest untuk mengukur hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar akuntansi siswa antara kelas yang menggunakan model blended learning dengan memanfaatkan situs jejaring sosial facebook dengan kelas yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Saran yang dapat diberikan adalah (1) hasil penelitian ini dapat menjadi pertimbangan bagi kepala SMK Islam Batu untuk memberikan seminar atau workshop mengenai model pembelajaran blended learning kepada para guru di SMK Islam Batu agar dapat meningkatkan hasil belajar siswa (2) bagi guru akuntansi SMK Islam Batu disarankan untuk menerapkan model pembelajaran yang inovatif dan kreatif seperti model pembelajaran blended learning.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 03 Oct 2013 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2013 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/34644 |
Actions (login required)
View Item |