Zaeni, Diar Elysa (2013) Analisis penerapan pendidikan karakter bangsa dalam pembelajaran akuntansi di SMA Negeri 1 Sooko Mojokerto / Diar Elysa Zaeni. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Zaeni Diar Elysa. 2012. Analisis Penerapan Pendidikan Karakter Bangsa dalam Pembelajaran Akuntansi di SMA Negeri 1 Sooko Mojokerto. Skripsi Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Suparti M.P. (II) Hj. Yuli Widi Astuti S.E. M.Si. Ak. Kata Kunci Pendidikan Karakter Bangsa pembelajaran Akuntansi 12288 12288 12288 12288 Pendidikan karakter merupakan usaha untuk membentuk siswa yang berkarakter dan dapat dilakukan dengan memberikan pengalaman positif yang sebanyak-banyaknya. Sebab pendidikan adalah sebuah pengalaman dan prosesnya berlangsung terus-menerus. 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan hal tersebut maka tujuan fokus penelitian ini adalah bagaimana pelaksanaan pendidikan karakter bangsa dalam pembelajaran akuntansi di SMA Negeri 1 Sooko Mojokerto. Untuk sub fokus penelitian mulai dari perencanaan pembelajaran sampai pelaksanaan pendidikan karakter bangsa dalam pembelajaran. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Pada penelitian ini peneliti bertindak sebagai instrument utama. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dokumentasi observasi dan wawancara. Dalam pengumpulan data peneliti menggunakan kamera panduan telaah wawancara dokumen panduan wawancara catatan lapangan dan panduan observasi. 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan hasil analisis data diperoleh hasil penelitian sebagai berikut. Pertama perencanaan pembelajaran pendidikan karakter sesuai dengan kriteria. Guru sudah mencantumkan beberapa aspek yang terdapat dalam kurikulum yaitu identitas indikator tujuan nilai karakter bangsa materi strategi pendekatan dan metode. Indikator sudah disusun dengan menggunakan kata kerja operasional. Serta pemilihan nilai pendidikan karakter bangsa sudah disesuaikan dengan indikator. Kedua pelaksanaan pendidikan karakter bangsa dalam pembelajaran. Dalam proses pembelajaran guru sudah menyisipkan karakter bangsa di setiap kegiatan pembelajaran. Penerapan pendidikan karakter oleh guru dilakukan dengan cara memberikan contoh langsung maupun penuturan secara verbal disela-sela pembelajaran. Ketiga terdapat beberapa ketidak sesuaian antara perencanaan pembelajaran berkarakter dengan pelaksanaan pendidikan karater bangsa dalam pembelajaran. Nilai pendidikan karakter yang telah direncanakan dalam rencana pelaksanaan pembelajaran tidak diterapkan dalam pelaksanaan pembelajaran. 12288 12288 12288 12288 Selanjutnya dalam penerapan pendidikan karakter bangsa akan lebih baik jika menggunakan adanya variasi pembelajaran yang dilakukan oleh guru. Variasi pembelajaran dapat dilakukan dengan cara menggunakan pendekatan metode model maupun strategi yang berbeda-beda dalam setiap pertemuan. Selain itu seharusnya guru juga harus memahami dan mengembangkan teknik penilaian untuk membangun karakter bangsa yang lebih baik supaya penerapan pendidikan karakter bangsa dapat diterpkan oleh siswa secara optimal.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 02 Oct 2013 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2013 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/34643 |
Actions (login required)
View Item |