Gayanti, Dwi Putri (2013) Peningkatan prestasi belajar melalui model pembelajaran learning cycle 5E pada mata pelajaran akuntansi di SMA Muhammadiyah Blitar / Dwi Putri Gayanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Gayanti Dwi Putri. 2012. Peningkatan Prestasi Belajar Melalui Model Pembelajaran Learning Cycle 5E Pada Mata Pelajaran Akuntansi di SMA Muhammadiyah Blitar. Skripsi Jurusan Akuntansi Program Studi S1 Pendidikan Akuntansi. FE. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Tuhardjo S.E. M.Si. Ak (2) Diana Tien Irafahmi S.Pd. M.Ed. Kata kunci model pembelajaran Learning Cycle 5E prestasi belajar Akuntansi. 12288 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan hasil observasi dan wawancara pembelajaran akuntansi di kelas XI IPS SMA Muhammadiyah Blitar diperoleh gambaran bahwa proses pembelajaran masih berpusat pada guru sehingga menyebabkan siswa pasif serta nilai ulangan harian yang cenderung fluktuatif dengan rata-rata rendah yaitu 53 6. Salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan oleh guru dalam proses belajar mengajar dan dapat mengembangkan peran aktif siswa adalah model pembelajaran Learning Cycle 5E. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa kelas XI IS SMA Muhammadiyah Blitar melalui penerapan model pembelajaran Learning Cycle 5E. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Data yang dipergunakan selama proses penelitian berlangsung bersumber dari data observasi hasil wawancara tes dan catatan lapangan. Teknik analisis data yang digunakan meliputi reduksi data penyajian data serta penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Learning Cycle 5E dapat meningkatkan prestasi belajar dilihat dari aspek kognitif dan afektif. Perbandingan hasil belajar aspek kognitif siklus I dan siklus II setelah diterapkan model pembelajaran learning cycle 5E mengalami peningkatan. Dimana siklus I hanya memperoleh skor rata-rata 74 14% dan untuk siklus II mendapat skor rata-rata 83%. Perbandingan hasil belajar aspek afektif siklus I dengan siklus II setelah diterapkan model pembelajaran Learning Cycle 5E juga mengalami peningkatan. Dimana pada siklus I memperoleh skor rata-rata 74 33% menjadi skor 80 74% pada siklus II. Saran dari peneliti yang bisa sampaikan yaitu (1) Untuk kesempurnaan penerapan model pembelajaran Learning Cycle 5E maka harus disediakan alokasi waktu yang cukup agar tidak mengurangi tahap berpikir dalam kegiatan diskusi siswa (2) Pemberian motivasi dan arahan pada siswa harus diberikan secara intens untuk memacu semangat dan keberanian siswa dalam proses pembelajaran serta (3) Guru hendaknya membuat variasi model pembelajaran dengan memadukan atau mengembangkan model pembelajaran Learning Cycle 5E dengan metode yang lain.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 09 Sep 2013 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2013 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/34634 |
Actions (login required)
View Item |