Suparmi (2013) Pengaruh pengendalian diri, atribusi, m inat belajar terhadap pencapaian hasil belajar kognitif akuntansi (Studi pada mahassiwa S1 Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang) / Suparmi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci Pengendalian Diri Atribusi Minat Belajar Tingkat Pemahaman Akuntansi Hasil belajar kognitif akuntansi dipengaruhi oleh faktor internal dan eksternal. Faktor internal ada dua macam faktor kognitif dan non kognitif yang termasuk faktor kognitif salah satunya adalah kecerdasan emosional seperti pengendalian diri dan faktor non kognitif diantaranya adalah atribusi dan minat belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengendalian diri atribusi dan minat belajar terhadap hasil belajar kognitif akuntansi. Pendekatam yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian explanatif yaitu yang bertujuan menguji pengaruh dimensi pengendalian diri atribusi dan minat belajar terhadap hasil belajar kognitif akuntansi. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuisioner atau angket untuk mengetahui pengendalian diri atribusi dan minat belajar. Variabel hasil belajar kognitif akuntansi diukur dengan menggunakan nilai-nilai mata kuliah PA1 PA2 AKM1 AKM2 AKL1 dan Auditing yang diperoleh dari bagian tata usaha Universitas Negeri Malang. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda. Hasil regresi linier berganda menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif yang yang signifikan pengendalian diri terhadap hasil belajar kognitif akuntansi dengan tingkat signifikan 0.000. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa semakin baik pengendalian diri yang dilakukan oleh mahasiswa akan semakin baik hasil belajar kognitif akuntansi. Terdapat pengaruh positif yang tidak signifikan atribusi terhadap hasil belajar kognitif akuntansi dengan signifikan 0.189. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa semakin baik atribusi yang dilakukan oleh mahasiswa tidak berpengaruh terhadap hasil belajar kognitif akuntansi Terdapat pengaruh positif yang tidak signifikan minat belajar terhadap hasil belajar kognitif akuntansi dengan tingkat signifikan 0.147. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa semakin baik minat belajar yang dilakukan oleh mahasiswa tidak berpengaruh terhadap hasil belajar kognitif akuntansi Pengujian secara simultan variabel pengendalain diri atribusi dan minat belajar hanya berpengaruh 11% terhadap hasil belajar kognitif akuntansi dan 89 % dipengaruhi oleh variabel lain variabel hasil belajar kognitif akuntansi hanya diukur dengan menggunakan nilai PA1 PA2 AKM1 AKM2 AKL1 dan Auditing populasi yang digunakan hanya mahasiswa S1 Pendidikan Akuntansi. Sebagai mahasiswa kita harus mempunyai pengendalian diri yang baik supaya mampu untuk mengendalikan emosi diri pada saat menghadapi suatu peristiwa atau masalah dengan lebih dahulu mampu mempertimbangkan dampak dari tindakan yang akan dilakukanya.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 13 Aug 2013 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2013 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/34630 |
Actions (login required)
View Item |