Pengembangan media pembelajaran akuntansi berbasis blog bagi siswa prakerin / Zulkurnia Putri Yoshefin - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran akuntansi berbasis blog bagi siswa prakerin / Zulkurnia Putri Yoshefin

Yoshefin, Zulkurnia Putri (2013) Pengembangan media pembelajaran akuntansi berbasis blog bagi siswa prakerin / Zulkurnia Putri Yoshefin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Blog Berdasarkan studi awal yang dilakukan peneliti di SMK Cendika Bangsa Kepanjen peneliti menemukan permasalahan yang berkenaan dengan kegiatan prakerin (praktek kerja industri) yang dilakukan siswa kelas XI. Siswa yang sedang prakerin tetap mendapatkan materi dan tugas terstruktur dari guru padahal siswa yang prakerin biasanya tersebar di beberapa daerah yang lokasinya jauh dari sekolah. Oleh karena itu diperlukan pengembangan media pembelajaran berbasis blog untuk memudahkan kegiatan pembelajaran bagi siswa prakerin. Adapun tujuan dalam penelitian pengembangan ini adalah untuk menghasilkan media pembelajaran akuntansi berbasis blog bagi siswa prakerin di SMK Cendika Bangsa Kepanjen. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan model Borg and Gall yang telah dimodifikasi menjadi tujuh langkah pengembangan. Langkah-langkah pengembangan meliputi (1) analisis kebutuhan awal (2) mengembangkan produk awal (3) validasi ahli (4) revisi media (5) uji coba lapangan (6) revisi media dan (7) produk akhir. Validasi media pembelajaran berbasis blog dilakukan oleh tiga subyek yaitu satu ahli materi satu ahli media dan siswa. Secara umum komponen pada blog dapat diklasifikasikan menjadi tiga bagian yaitu penyajian materi pengelolaan kelas (interaktivitas) dan evaluasi. Penyajian materi pada blog menyesuaikan langkah-langkah pembelajaran dari Gagne. Untuk meciptakan interaktivitas dalam pembelajaran peneliti memanfaatkan media komentar yang telah disediakan pada setiap akhir materi SMS dan email. Evaluasi dalam blog memuat tiga jenis evaluasi yaitu tugas terstruktur kuis TTS dan kuis interaktif. Berdasarkan data hasil validasi diperoleh penilaian dari validasi ahli materi sebesar 84 34% validasi ahli media sebesar 87 17% dan uji coba terbatas sebesar 86 67%. Sehingga apabila hasil validasi tersebut dihitung secara keseluruhan diperoleh rata-rata sebesar 86 06%. Hal ini menunjukkan bahwa media pembelajaran berbasis blog layak digunakan dalam pembelajaran akuntansi bagi siswa prakerin.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 22 Jul 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/34627

Actions (login required)

View Item View Item