Pengembangan media pembelajaran akuntansi berbasis audio visual untuk siswa kelas XI Jurusan IPS di SMA Negeri 2 Blitar / Arfenila Putri Cahyani - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran akuntansi berbasis audio visual untuk siswa kelas XI Jurusan IPS di SMA Negeri 2 Blitar / Arfenila Putri Cahyani

Cahyani, Arfenila Putri (2013) Pengembangan media pembelajaran akuntansi berbasis audio visual untuk siswa kelas XI Jurusan IPS di SMA Negeri 2 Blitar / Arfenila Putri Cahyani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Pengembangan Media Pembelajaran Akuntansi Audio Visual Jurusan IPS Berdasarkan observasi yang dilakukan oleh peneliti di SMA Negeri 2 Blitar khususnya pada mata pelajaran Akuntansi di Jurusan IPS terdapat beberapa permasalahan yang berkaitan dengan proses pembelajaran. Masalah tersebut diantaranya dimana pada saat proses pembelajaran masih menggunakan metode ceramah dalam hal ini proses pembelajaran guru masih mendominasi jalannya proses pembelajaran siswa masih cenderung pasif. Selain itu pemanfaatan media sangat minim sekali hal ini mengakibatkan minat dan motivasi belajar siswa sangat lemah dan pada akhirnya berpengaruh buruk pada hasil belajar siswa. Melihat permasalahan yang dihadapi maka pengembangan media sebagai media pembelajaran dalam proses belajar mengajar sangat diperlukan. Media pembelajaran yang dikembangkan mencakup beberapa komponen yaitu teks gambar dan suara dengan materi laporan keuangan. Program media pembelajaran ini dirancang dengan bantuan Power Point dan digabung dengan software Wondersare Quiz Creator serta videopad video editor dalam pembuatan videonya. Penelitian yang penelti lakukan di SMA Negeri 2 Blitar ini termasuk jenis penelitian pengembangan. Penelitian ini menggunakan model pengembangan Borg Gall dimana di sini terdapat 10 tahapan dalam melakukan penelitian mulai dari research and information collecting planning develop preliminary form of product preliminary field testing main product revision main field testing operational product revision operational field testing final product revision hingga dissemination and implementation. Tetapi dalam melakukan penelitian ini peneliti memodifikasi menjadi 8 tahapan yaitu Research and information collecting Planning Develop preliminary form of product Main product revision Operational product revision Operational field testing and Dissemination and implementation Berdasarkan hasil dari penelitian diperoleh data dari hasil validasi keseluruhan sebesar 98 47% berarti media pembelajaran tersebut layak digunakan. Berdasarkan hasil penelitian ini peneliti menyarankan bagi peneliti selanjutnya disarankan untuk melakukan penelitian tentang pengembangan media baik visual audio maupun audio visual pada pengajaran mata pelajaran yang sama atau mata pelajaran lainnya di tempat yang berbeda untuk mengembangkan media pembelajaran yang kreatif dan inovatif dalam proses kegiatan belajar mengajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 17 Jul 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/34625

Actions (login required)

View Item View Item