Setiani, Eko Putri (2013) Pengembangan bahan ajar akuntansi berbasis collaborative learning dengan muatan IFRS di SMA Negeri 1 Balen Bojonegoro / Eko Putri Setiani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci pengembangan bahan ajar akuntansi collaborative learning Collaborative Learning merupakan jenis pembelajaran masa kini yang dapat menjadikan siswa lebih produktif kreatif inovatif dan afektif. Penerapan pembelajaran kolaboratif sangat penting dilakukan guna mengubah pola pembelajaran konvensional yang sekarang masih banyak dilakukan dalam pembelajaran akuntansi SMA. Manifestasi collaborative learning ini dapat diwujudkan dalam suatu bahan ajar sehingga dalam bahan ajar tersebut berisi tentang kegiatan-kegiatan pembelajaran yang bersifat kolaboratif. Materi pada bahan ajar akuntansi yang dikembangkan juga perlu disesuaikan dengan standar akuntansi saat ini yaitu Standar Akuntansi Keuangan terkonvergensi IFRS. Berkaitan dengan hal di atas maka diperlukan pengembangan bahan ajar akuntansi SMA berbasis collaborative learning dengan muatan IFRS. Tujuan pengembangan ini adalah untuk menghasilkan bahan ajar akuntansi SMA berbasis collaborative lerning dengan muatan IFRS yang layak untuk digunakan dalam kegiatan pembelajaran akuntansi. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan prosedur pengembangan Borg Gall yang telah dimodifikasi untuk disesuaikan dengan pengembangan yang akan dilakukan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket. Data yang diperoleh adalah data kuantitatif dan data kualitatif. Data kuantitatif adalah data yang berupa angka yang akan dianalisis menggunakan teknik analisis persentase. Sedangkan data kualitatif adalah berupa komentar dan saran yang digunakan sebagai bahan pertimbangan dalam melakukan revisi produk. Dari hasil analisis data validasi oleh ahli materi dan pembelajaran akuntansi ahli desain penyusunan buku ajar serta dari hasil uji pengguna terbatas secara keseluruhan memperoleh rata-rata persentase sebesar 91 58%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hasil pengembangan berupa bahan ajar akuntansi berbasis collaborative learning dengan muatan IFRS ini valid atau layak digunakan dalam kegiatan pembelajaran akuntansi siswa SMA.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 17 Jul 2013 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2013 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/34623 |
Actions (login required)
View Item |