Pratiwi, Radita Wahyu (2013) Pengaruh kebiasaan belajar, self efficacy dan kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar Akuntasi siswa kelas XI jurusan IPS di SMA Negeri 1 Batu / Radita Wahyu Pratiwi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Pratiwi Radita Wahyu. 2013. Pengaruh Kebiasaan Belajar Self Efficacy Dan Kecerdasan Emosional Terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI Jurusan IPS Di SMA Negeri 1 Batu. Skripsi Jurusan Akuntansi Program Studi Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Sunaryanto M.Ed (II) Dr. Eka Ananta Sidharta S.E M.M Ak Kata Kunci Kebiasaan belajar self efficacy kecerdasan emosional prestasi belajar akuntansi 12288 12288 12288 12288 Pendidikan merupakan salah satu aspek penting dalam kehidupan manusia sebagai bekal perjalanan hidup. Pendidikan ialah suatu usaha yang sadar yang teratur dan sistematis yang dilakukan oleh orang-orang yang diserahi tanggung jawab untuk mempengaruhi anak agar mempunyai sifat dan tabiat sesuai dengan cita-cita pendidikan. Mengingat keberhasilan pencapaian tujuan belajar tidak hanya semata-mata ditentukan faktor kurikulum saja melainkan banyak faktor yang dapat mempengaruhi keberhasilan siswa dalam belajar. Beberapa faktor yang dapat memengaruhi keberhasilan siswa adalah kebiasaan belajar self efficacy dan kecerdasan emosional. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) apakah kebiasaan belajar berpengaruh terhadap prestasi belajar akuntansi siswa Jurusan IPS di SMA Negeri 1 Batu 2) apakah self efficacy berpengaruh terhadap prestasi belajar akuntansi siswa Jurusan IPS di SMA Negeri 1 Batu 3) apakah kecerdasan emosional berpengaruh terhadap prestasi belajar akuntansi siswa Jurusan IPS di SMA Negeri 1 Batu dan 4) apakah kebiasaan belajar self efficacy dan kecerdasan emosional secara simultan berpengaruh terhadap prestasi belajar akuntansi siswa Jurusan IPS di SMA Negeri 1 Batu. Penelitian ini merupakan penelitian eksplanasi yang bertujuan untuk menguji hubungan antar variabel. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 1 Batu dan populasi yang dipilih adalah adalah siswa Kelas XI jurusan IPS di SMA Negeri 1 Batu yang berjumlah 147 siswa. Pengambilan sampel dengan menggunakan random sampling sebanyak 74 responden. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Data prestasi belajar diperoleh dari data sekunder yang dimiliki sekolah. Sedangkan data kebiasaan belajar self efficacy dan kecerdasan emosional diperoleh dari data primer yakni dengan teknik kuesioner (angket). Teknik analisis yang digunakan adalah uji statistik deskriptif regresi linear berganda dan uji asumsi klasik. 12288 12288 12288 12288 Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel kebiasaan belajar self efficacy dan kecerdasan emosional baik secara parsial maupun secara simultan berpengaruh terhadap prestasi belajar mata pelajaran akuntansi siswa kelas XI IPS SMAN 1 Batu. Saran bagi guru diharapkan agar memperhatikan psikologi siswa atau kondisi psikis siswa karena kondisi psikologi siswa dapat mempengaruhi prestasi belajar siswa. Sedangkan bagi siswa diharapkan untuk mempertahankan atau meningkatkan faktor kebiasaan belajar self efficacy dan kecerdasan emosional. Bagi peneliti selanjutnya diharapkan untuk untuk meneliti faktor faktor lain yang mempengaruhi prestasi belajar karena pada penelitian yang telah dilakukan peneliti disimpulkan bahwa 35.7% dipengaruhi oleh varibel yang diteliti oleh peneliti
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 10 Jul 2013 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2013 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/34618 |
Actions (login required)
View Item |