Ami, Landia (2013) Pengaruh latar belakang sosial ekonomi orang tua, fasilitas belajar di sekolah, dan interaksi sosial teman sebaya terhadap prestasi belajar siswa kelas X program studi keahlian keuangan SMK Negeri 2 Blitar / Ami Landia. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Ami Landia. 2013. Pengaruh Latar Belakang Sosial Ekonomi Orang Tua Fasilitas Belajar di Sekolah dan Interaksi Sosial Teman Sebaya terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas X Program Studi Keahlian Keuangan SMK Negeri 2 Blitar. Skripsi Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Suparti M.P (II) Dr. Cipto Wardoyo S.E M.Pd M.Si.Ak. Kata Kunci latar belakang sosial ekonomi orang tua fasilitas belajar di sekolah interaksi sosial teman sebaya prestasi belajar Belajar adalah suatu proses usaha yang dilakukan seseorang untuk memperoleh suatu perubahan tingkah laku yang baru secara keseluruhan sebagai hasil pengalamannya sendiri dalam interaksi dengan lingkungannya. Faktor lingkungan (eksternal) merupakan sesuatu yang mengelilingi individu di dalam hidupnya seperti latar belakang sosial ekonomi orang tua fasilitas belajar di sekolah dan interaksi sosial teman sebaya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh latar belakang sosial ekonomi orang tua fasilitas belajar di sekolah dan interaksi sosial teman sebaya terhadap prestasi belajar siswa kelas X Program Studi Keahlian Keuangan SMK Negeri 2 Blitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian explanatory research. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X program studi keahlian keuangan kompetensi keahlian akuntansi tahun pelajaran 2012/2013 yang berjumlah 148 siswa dengan sampel yang digunakan sebanyak 108 responden yang diambil dengan teknik proportional sample. Data yang terkumpul dianalisa dengan teknik regresi linier berganda dengan bantuan SPSS 16.0 for windows. Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh positif signifikan latar belakang sosial ekonomi orang tua terhadap prestasi belajar siswa dengan thitung (2 117) ttabel (1 659) dengan probabilitas (0 037) 0 05 pada taraf signifikansi 5%. Ada pengaruh positif signifikan antara fasilitas belajar di sekolah terhadap prestasi belajar siswa dengan thitung (2 195) ttabel (1 659) dengan probabilitas (0 030) 0 05. Ada pengaruh positif signifikan antara interaksi sosial teman sebaya terhadap prestasi belajar siswa dengan thitung (3 040) ttabel (1 659) dengan probabilitas (0 003) 0 05. Ada pengaruh positif yang signifikan antara latar belakang sosial ekonomi orang tua fasilitas belajar di sekolah dan interaksi sosial teman sebaya terhadap prestasi belajar siswa Fhitung (10 288) Ftabel (2 137) dengan probabilitas (0 000) 0 05. Berdasarkan hal tersebut maka dapat disimpulkan bahwa baik secara parsial atau simultan variabel tersebut memiliki pengaruh positif signifikan terhadap prestasi belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian disarankan (1) bagi penelitian selanjutnya untuk memperluas ruang lingku penelitian dan menambah varaibel (2) bagi siswa untuk memanfaatkan fasilitas belajar di sekolah dengan maksimal dan meningkatkan interaksi sosial teman sebaya (3) bagi guru untuk meningkatkan fasilitas belajar dan membantu siswa untuk meningkatkan interaksi sosial dengan teman sebayanya.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 10 Jul 2013 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2013 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/34616 |
Actions (login required)
View Item |