Cahyaningdyah, Permatasari (2012) Pengaruh pemanfaatan weblog sebagai sumber belajar terhadap motivasi belajar siswa kelas x akuntansi SMK Islam Batu / Permatasari Cahyaningdyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci Sumber Belajar Weblog Motivasi. Perkembangan teknologi informasi mendorong upaya dalam pembaharuan pendidikan. Penggunaan teknologi dalam pendidikan dapat mendukung proses pembelajaran melalui pendayagunaan teknologi sebagai sumber belajar. Internet yang disebut sebagai jaringan universal dengan berbagai aplikasi yang berjalan diatasnya memungkinkan untuk dimanfaatkan dalam penyelenggaraan pendidikan berbasis teknologi informasi (IT-Based Education). Salah satu media internet yang semakin berkembang saat ini yaitu weblog. Weblog merupakan media interaktif sebagai sumber belajar yang akan membuat proses pembelajaran lebih menyenangkan kreatif dan tidak membosankan sehingga dapat memotivasi siswa dalam belajar. Keller menyusun seperangkat prinsip-prinsip motivasi yang dapat diterapkan dalam proses pembelajaran. Perhatian (Attention) Relevansi (Relevance) Kepercayaan Diri (Confidence) Kepuasan (Satisfaction) atau ARCS adalah prinsip-prinsip motivasi yang dapat digunakan untuk memotivasi seseorang agar belajar lebih baik. Penelitian ini merupakan penelitian sampel yang dilakukan kepada 35 siswa kelas X Jurusan Akuntansi SMK Islam Batu. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik kuesioner (angket). Teknik analisis yang digunakan adalah analisis uji beda Paired Sample T-Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan weblog sebagai sumber belajar dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dengan nilai sig (2 tailed) (0 00) (0 05) jadi untuk kedua perlakuan sebelum dan sesudah menggunakan weblog sebagai sumber belajar adalah berbeda. Saran yang dapat diberikan adalah (1) hasil penelitian ini dapat menjadi bahan pertimbangan bagi sekolah untuk memperbaiki sistem pembelajaran dan fasilitas sekolah sehingga terjadi perbaikan pada kualitas pembelajaran yang lebih inovatif dan kreatif (2) para guru harus meningkatkan kemampuan mengajar yang lebih kreatif dengan menggunakan media pembelajaran yang lebih inovatif untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dan (3) bagi penelitian selanjutnya yang akan mengadakan penelitian sejenis disarankan untuk mengukur motivasi belajar siswa secara keseluruhan tidak hanya menggunakan angket tertutup tetapi juga dengan observasi secara langsung dan wawancara.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 29 Oct 2012 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2012 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/34591 |
Actions (login required)
View Item |