Kontribusi pola asuh demokratis orangtua terhadap pengembangan konsep diri dan keterampilan sosial anak disabilitas intelektual di Kabupaten Malang / Insiatun</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Kontribusi pola asuh demokratis orangtua terhadap pengembangan konsep diri dan keterampilan sosial anak disabilitas intelektual di Kabupaten Malang / Insiatun</p>

Insiatun (2024) Kontribusi pola asuh demokratis orangtua terhadap pengembangan konsep diri dan keterampilan sosial anak disabilitas intelektual di Kabupaten Malang / Insiatun</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Anak disabilitas intelektual menghadapi tantangan dalam meningkatkan keterampilan sosial mereka. Keberhasilan intervensi konsep diri anak dan keterampilan sosial bagi anak disabilitas intelektual dipengaruhi oleh model pola asuh yang diterapkan orangtua. Penelitian ini mengeksplorasi dan menganalisis kontribusi pola asuh demokratis orangtua dan konsep diri terhadap perkembangan keterampilan sosial anak disabilitas intelektual. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji kontribusi pola asuh demokratis orangtua dalam pengembangan konsep diri dan keterampilan sosial anak dengan disabilitas intelektual di Kabupaten Malang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan desain penelitian cross-sectional. Sampel penelitian ini adalah 34 orangtua anak dengan disabilitas intelektual di Kabupaten Malang yang dipilih secara purposive sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah kuesioner pola asuh demokratis orangtua skala pengembangan konsep diri dan skala keterampilan sosial anak. Analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik regresi linier sederhana dan regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pola asuh demokratis orangtua memberikan kontribusi yang signifikan terhadap pengembangan konsep diri dan keterampilan sosial anak dengan disabilitas intelektual di Kabupaten Malang. Lebih lanjut variabel pola asuh demokratis secara bersama-sama berkontribusi sebesar 57.2 % terhadap pengembangan konsep diri dan terhadap keterampilan sosial anak dengan disabilitas intelektual. Implikasi dari penelitian ini adalah perlunya peningkatan pemahaman orangtua tentang pentingnya menerapkan pola asuh demokratis dalam mendukung perkembangan konsep diri dan keterampilan sosial anak dengan disabilitas intelektual di Kabupaten Malang. Kompleksnya permasalahan sosial yang dihadapi anak disabilitas intelektual menjadi bahan problem solving peneliti. Dibutuhkan penguatan model pola asuh demokratis dan konsep diri positif pada untuk menunjang tercapainya pemecahan solusi masalah keterampilan sosial anak disabilitas intelektual.

Item Type: Thesis (Masters)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S2 Pendidikan Khusus
Depositing User: library UM
Date Deposited: 15 Jul 2024 04:29
Last Modified: 09 Sep 2024 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/345890

Actions (login required)

View Item View Item