Bentuk perilaku dan pola pemberian penguatan (reinforcement) dalam proses pembelajaran akuntasi keuangan di SMK 17 Agustus Batu / Rini Kurniati - Repositori Universitas Negeri Malang

Bentuk perilaku dan pola pemberian penguatan (reinforcement) dalam proses pembelajaran akuntasi keuangan di SMK 17 Agustus Batu / Rini Kurniati

Kurniati, Rini (2012) Bentuk perilaku dan pola pemberian penguatan (reinforcement) dalam proses pembelajaran akuntasi keuangan di SMK 17 Agustus Batu / Rini Kurniati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Penguatan (reinforcement) Pembelajaran Akuntansi Keuangan Motivasi belajar dipengaruhi oleh faktor internal dan eksternal. Selain dorongan dalam diri sendiri juga diperlukan peran seorang guru sebagai pihak ekternal guna memberikan dorongan belajar pada siswa. Dalam hal ini penguatan (reinforcement) merupakan salah satu bentuk dalam menumbuhkan motivasi belajar siswa yang dilakukan oleh guru terhadap perilaku siswa yang diharapkan agar terulang kembali. Dengan memberikan penguatan siswa merasa dihargai segala usaha dan juga prestasinya sehingga secara tidak langsung akan meningkatkan motivasi belajar siswa khususnya dibidang Akuntansi Keuangan. Atas dasar latar belakang tersebut maka yang menjadi rumusan masalah dari penelitian ini adalah tentang perilaku siswa yang diberi penguatan (reinforcement) oleh guru dalam pembelajaran Akuntansi di SMK 17 Agustus Batu bentuk penguatan (reinforcement) yang diberikan oleh guru dalam pembelajaran Akuntansi Keuangan di SMK 17 Agustus Batu cara pemberian penguatan (reinforcement) kepada siswa oleh guru dalam pembelajaran Akuntansi di SMK 17 Agustus Batu dan dampak pemberian penguatan (reinforcement) bagi siswa di SMK 17 Agustus Batu. Jenis penelitian yang gunakan adalah kualitatif deskriptif. Penelitian ini dilakukan di SMK 17 Agustus Batu dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara observasi catatan lapangan dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Perilaku siswa yang diberi penguatan (reinforcement) oleh guru Akuntansi Keuangan di SMK 17 Agustus Batu terdiri dari perilaku positif antara lain (a) Bertanya (b) Menjawab pertanyaan lisan dari guru (c) Mengerjakan soal di papan tulis (e) Mengumpulkan tugas tepat waktu (f) Nilai ulangan harian di atas nilai KKM dan perilaku negatif yang mendapat penguatan meliputi (a) Tidak memperhatikan proses pembelajaran (b) Terlambat mengumpulkan tugas (c) Nilai ulangan harian di bawah KKM (2) Bentuk penguatan (reinforcement) yang digunakan oleh guru Akuntansi Keuangan di SMK 17 Agustus Batu dapat dibedakan berdasarkan wujudnya yang terdiri dari verbal dan non verbal sedangkan jika dibedakan berdasarkan stimulus yang diberikan terdiri dari penguatan positif dan negatif (3) Cara pemberian penguatan (reinforcement) oleh guru Akuntansi Keuangan di SMK 17 Agustus Batu antara lain (a) Pemberian penguatan dengan segera (b). Konsisten dengan menepati konsekuensi-konsekuensi yang telah dibuat di awal pembelajaran (c). Sungguh-sungguh dalam menyampaikan bentuk penguatan dan (d). Menghindari penggunaan respon negatif (4) Dampak pemberian penguatan (reinforcement) oleh guru Akuntansi Keuangan di SMK 17 Agustus Batu yakni siswa merasa senang dapat memberikan motivasi bagi siswa untuk giat belajar dan aktif mengikuti proses iv pembelajaran meningkatkan perhatian siswa terhadap guru sedangkan bagi siswa yang awalnya berperilaku negatif menjadi tidak mengulangi perbuatannya. Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka disarankan kepada guru (a) agar memperhatikan prinsip kebermaknaan dan variasi dalam memberikan penguatan baik penguatan secara verbal maupun non verbal sehingga siswa tidak merasa bosan dan jenuh dengan penguatan yang tetap (b) melakukan pengaturan waktu pemberian penguatan yang lebih efisien (c) Menentukan perilaku yang diinginkan beserta konsekuensinya di awal pembelajaran (d) Mendapatkan dukungan dari sekolah untuk memfasilitasi guru dalam memberikan penguatan (reinforcement) kepada siswa sehingga siswa merasa lebih diperhatikan dan lebih semangat dalam mengikuti proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 10 Oct 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/34585

Actions (login required)

View Item View Item