Wahyuningtyas, Endah (2012) Pengaruh persepsi siswa mengenai ketrampilan guru dalam mengelola kelas dan fasilitas belajar di sekolah terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi kelas XI IPS SMAN 2 Batu / Endah Wahyuningtyas. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata kunci Persepsi Siswa Mengenai Ketrampilan Guru dalam Mengelola Kelas Persepsi Siswa Mengenai Fasilitas Belajar di Sekolah Prestasi Belajar. Prestasi belajar sampai saat ini menjadi acuan untuk menilai tingkat keberhasilan siswa. Salah satu faktor yang mempengaruhi prestasi belajar adalah ketrampilan guru dalam mengelola kelas dan fasilitas belajar. Persepsi siswa mengenai ketrampilan guru dalam mengelola kelas dan fasilitas belajar yang memadai di sekolah memiliki peran penting dalam meningkatkan prestasi belajar siswa karena kedua komponen tersebut dapat dijadikan jembatan dalam penyampaian materi agar dapat dipahami oleh siswa. Jika persepsi siswa mengenai ketrampilan guru dalam mengelola kelas dan fasilitas belajar di sekolah baik maka diharapkan dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara persepsi siswa mengenai ketrampilan guru dalam mengelola kelas dan fasilitas belajar di sekolah terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran akuntansi kelas XI IPS SMA Negeri 2 Batu. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan rancangan penelitian deskriptif kolerasional. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS SMA Negeri 2 Batu dengan jumlah115 siswa dengan sampel 59 siswa. Data diperoleh dengan menyebarkan angket dan dokumentasi berupa nilai ujian tengah semester genap siswa Kelas XI IPS pada mata pelajaran akuntasi tahun ajaran 2011/2012. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) terdapat pengaruh antara persepsi siswa mengenai ketrampilan guru dalam mengelola kelas terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi kelas XI IPS SMAN 2 BATU dan 2) terdapat pengaruh antara persepsi siswa mengenai fasilitas belajar di sekolah terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi kelas XI IPS SMAN 2 BATU. Berdasarkan penelitian tersebut disarankan agar (1) sekolah harus terus meningkatkan pengetahuan mengenai kurikulum KTSP sehingga secara tidak langsung sekolah dapat melaporkan prestasi belajar siswa yang tidak hanya dilihat dari segi kognitif tetapi juga dari segi afektif dan psikomotor (2) bagi peneliti selanjutnya yang tertarik pada masalah atau topik yang berkaitan dengan prestasi belajar siswa hendaknya dalam tahap pengumpulan data peneliti harus meggabungkan berbagai teknik pengumpulan data sehingga tidak terbatas pada metode angket dan dokumentasi.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 08 Oct 2012 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2012 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/34582 |
Actions (login required)
View Item |