Permatasari, Lewit Kharisma (2012) Penerapan model pembelajaran blended learning untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar akuntansi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 8 Malang / Lewit Kharisma Permatasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata kunci model pembelajaran blended learning motivasi belajar dan hasil belajar. Pembelajaran konvensional (face to face) di dalam kelas memiliki beberapa kelemahan. Sehingga dikembangkan model pembelajar online jarak jauh (e-learning) yang diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Namun ternyata model pembelajaran ini juga memiliki beberapa keterbatasan yang hanya bisa dilakukan dengan pembelajaran tatap muka di dalam kelas. Berawal dari keterbatasan dari dua model pembelajaran di atas maka dikembangkan model pembelajaran gabungan antara kedua yang dapat saling melengkapi dan menutupi kekurangannya masing-masing. Salah satu media yang dapat dimanfaatkan sebagai media online dalam pembelajaran blended learning adalah situs jejaring sosial facebook. Hal ini disebabkan karena situs tersebut sangat dikenal oleh siswa karena hampir semua siswa memiliki akun dalam situs tesebut sehingga akan sangat menarik jika dimanfaatkan untuk proses pembelajaran.Penelitian ini bertujuan untuk mencari perbedaan motivasi dan hasil belajar akuntansi siswa antara kelas yang diajar menggunakan model blended learning dengan memanfaatkan situs jejaring sosial facebook dengan kelas yang diajar tidak menggunakan model blended learning dengan memanfaatkan situs jejaring sosial facebook. Penelitian ini termasuk jenis penelitian eksperimen yang dilaksanakan di SMA Negeri 8 Malang. Adapun subjek yang diteliti pada penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS 2 yang berjumlah 37 siswa sebagai kelas Eksperimen dan kelas XI IPS 3 yang berjumlah 37 siswa sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner yang digunakan mengukur motivasi belajar siswa dan soal pretest dan posttest untuk mengukur hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan motivasi dan hasil belajar akuntansi siswa antara kelas yang diajar menggunakan model blended learning dengan memanfaatkan situs jejaring sosial facebook dengan kelas yang diajar tidak menggunakan model blended learning dengan memanfaatkan situs jejaring sosial facebook. Saran yang dapat diberikan adalah (1) hasil penelitian ini dapat menjadi bahan pertimbangan bagi guru untuk meningkatkan kualitas pembelajaran (2) bagi penelitian selanjutnya disarankan untuk mengunakan media lain yang dapat lebih divariasikan dan mengukur hasil belajar dari ranah afektif.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 01 Oct 2012 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2012 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/34577 |
Actions (login required)
View Item |