Maharani, Alfi Cahya (2012) Pengaruh persepsi siswa tentang praktik kerja industri terhadap minat berwirausaha siswa (Studi kasus pada siswa kelas XI Program Keahlian Akutansi SMK Negeri 1 Lumajang) / Alfi Cahya Maharani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci praktik kerja industri minat berwirausaha. Prakerin adalah suatu penyelenggaraan pendidikan yang mengintegrasikan kegiatan pendidikan (teori) di sekolah dengan kegiatan pendidikan (praktik) di dunia industri. Prakerin memungkinkan siswa untuk mengalami proses belajar melalui bekerja secara langsung (learning by doing) pada pekerjaan yang sesungguhnya di dunia industri. Keterlibatan siswa secara langsung pada proses kerja di dunia usaha/dunia industri membuka wawasan siswa mengenai dunia kerja yang sebenarnya sehingga melalui proses tersebut akan timbul ketertarikan siswa untuk mulai mencoba merancang usaha yang diinginkan sesuai dengan minatnya yang selanjutnya dapat menumbuhkan minat berwirausaha siswa. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif korelasional. Analisis dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi berganda. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI Program Keahlian Akuntansi SMK Negeri 1 Lumajang sedangkan teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah simple random sampling. Intrumen dalam penelitian ini adalah angket (kuesioner) dan dokumentasi. Dari hasil analisis data diketahui bahwa (1) tempat praktik kerja siswa memiliki pengaruh yang signifikan terhadap minat berwirausaha siswa (2) proses pelatihan kerja siswa memiliki pengaruh yang signifikan terhadap minat berwirausaha siswa (3) kompetensi instruktur memiliki pengaruh yang signifikan terhadap minat berwirausaha siswa (4) tempat praktik kerja siswa proses pelatihan kerja siswa dan kompetensi instruktur secara simultan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap minat berwirausaha siswa. Berdasarkan hasil penelitian disarankan (1) Untuk tahun ajaran selanjutnya sekolah dapat bekerjasama dengan lebih banyak dunia industri dan dapat menempatkan siswa di lokasi Prakerin yang sesuai dengan program keahlian sehingga siswa memiliki kesempatan yang lebih luas untuk mendapatkan pengalaman bekerja serta dapat mengasah ketrampilan selama melaksanakan Prakerin sesuai dengan bidangnya masing-masing (2) Bagi guru hendaknya lebih meningkatkan frekuensi dan kualitas dalam meninjau mengarahkan dan memotivasi siswa secara intensif selama kegiatan Prakerin (3) Bagi penelitian selanjutnya disarankan menggunakan polulasi dan sampel yang lebih luas agar ruang lingkup hasil penelitian lebih menyeluruh.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 01 Oct 2012 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2012 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/34575 |
Actions (login required)
View Item |