Darmono, Muhammad (2012) Pengaruh keefektifan dosen dalam mengajar dan kebiasaan belajar terhadap prestasi belajar akuntansi biaya mahasiswa jurusan akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang / Muhammad Darmono. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci keefektifan dosen dalam mengajar kebiasaan belajar prestasi belajar. Keefektifan dosen dalam mengajar merupakan kemampuan dosen dalam menjalankan tugas mengajarnya secara professional untuk meningkatkan prestasi belajar peserta didiknya sedangkan kebiasaan belajar adalah perilaku yang dikerjakan secara rutin atau tetap dalam kegiatan belajarnya sehari-hari. Prestasi belajar adalah hasil yang dicapai oleh peserta didik dalam belajarnya. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh keefektifan dosen dalam mengajar dan kebiasaan belajar terhadap prestasi belajar. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah keefektifan dosen dalam mengajar (X1) dan kebiasaan belajar (X2) sedangkan variabel terikat adalah prestasi belajar (Y). Subjek penelitian ini adalah seluruh mahasiswa jurusan akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang angkatan 2009 yang berjumlah 146 siswa. Data diperoleh dari hasil kuesioner atau angket. Analisis data menggunakan regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan secara parsial dan simultan antara keefektifan dosen dalam mengajar dan kebiasaan belajar terhadap prestasi belajar mahasiswa jurusan akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Hal ini ditandai dengan signifikan t pada variabel X1 sebesar 0 045 dan 0 003 pada variabel X2. Sedangkan signifikan F adalah sebesar 0 001. Berdasarkan hasil penelitian tersebut saran yang dapat diberikan adalah (1) bagi fakultas ekonomi diharapkan memperbarui dan menata ulang sistem untuk merangsang para dosen dapat lebih efektif dalam mengajar (2) bagi dosen diharapkan meningkatkan profesionalisme dalam mengajar dan merancang skenario pembelajaran yang merangsang mahasiswa untuk melakukan kebiasaan belajar yang baik (3) bagi mahasiswa diharapkan memiliki inisiatif sendiri untuk belajar tanpa harus diperintah dosen maupun menunggu tugas dari dosen (4) bagi peneliti lain diharapkan mengembangkan permasalahan yang dibahas dan teknik pengumpulan data tidak hanya dilakukan dengan kuesioner (angket) saja dapat dengan teknik wawancara atau observasi sehingga hasil penelitian nantinya dapat berkembang dari penelitian sebelumnya.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 19 Sep 2012 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2012 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/34574 |
Actions (login required)
View Item |