Dani, Rera Pertama (2012) Pengaruh penggunaan media pembelajaran CD interaktif berbasis wondershare quiz creator terhadap motivasi dan hasil belajar pada mata pelajaran akuntansi kelas X SMK 7 Muhammadiyah Gondanglegi / Rera Pertama Dani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata kunci CD Interaktif Motivasi Belajar Hasil Belajar Akuntansi. Berdasarkan hasil observasi yang peneliti lakukan di kelas X SMK 7 Muhammadiyah Gondanglegi pada waktu pembelajaran Akuntansi didapatkan fakta bahwa pembelajaran yang dilakukan guru masih konvensional dan tidak menggunaan media pembelajaran. Sehingga siswa merasa kurang memahami materi dan dalam mengerjakan soal-soal latihan kurang bersemangat dan bermalas-malasan. Peneliti juga memperoleh data hasil UTS mata pelajaran Akuntansi pada semester 1 menunjukkan rata-rata hasil belajar siswa dengan nilai rata-rata 53 81. Nilai tersebut belum memenuhi Standar Ketuntasan Minimum (SKM) yang ditentukan yaitu 75. Upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar yaitu dengan penggunaan media pembelajaran CD interaktif berbasis wondershare quiz creator. Media tersebut dibuat secara menarik dan interaktif yang menampilkan materi soal pembelajaran siklus akuntansi perusahaan dagang. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran CD interaktif berbasis Wondershare Quiz Creator terhadap motivasi dan hasil belajar pada mata pelajaran akuntansi kelas X SMK 7 Muhammadiyah Gondanglegi. Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah rancangan eksperimen semu (quasy experiment design). Desain dalam penelitian eksperimen semu ini menggunakan bentuk One- Group Pretest-Posttest Design. Sampel yang ditetapkan terdiri dari 1 kelas yaitu X PB 2 yang berjumlah 44 siswa. Pengumpulan data diperoleh dari hasil kuesioner (angket) nilai pretest dan nilai postest. Kegiatan analisis data dalam penelitian ini menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial digunakan untuk menguji hipotesis dengan menerapkan uji Paired Sample T Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan penggunaan media pembelajaran CD interaktif berbasis wondershare quiz creator tidak berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa hal ini dibuktikan dengan nilai Sig.(2-tailed) (0 117) 945 (0 05) jadi kedua perlakuan memiliki rata-rata motivasi yang sama. Dan hasil belajar siswa diperoleh dengan nilai Sig.(2-tailed) (0 000) 945 (0 05) jadi kedua perlakuan memiliki rata-rata hasil belajar yang berbeda. Dengan kata lain ada pengaruh penggunaan media pembelajaran CD interaktif berbasis wondershare quiz creator terhadap peningkatan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 10 Sep 2012 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2012 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/34569 |
Actions (login required)
View Item |