Pengaruh pendidikan karakter terhadap prestasi belajar siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Lawang / Ahmad Najib - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh pendidikan karakter terhadap prestasi belajar siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Lawang / Ahmad Najib

Najib, Ahmad (2012) Pengaruh pendidikan karakter terhadap prestasi belajar siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Lawang / Ahmad Najib. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Pendidikan Karakter Prestasi Belajar Pengaruh globalisasi dan arus informasi membawa konsekuensi terhadap pembangunan manusia di dunia termasuk Indonesia di dalamnya. Segala upaya telah dipersiapkan untuk menghadapi perubahan dan tantangan diantaranya dengan meningkatkan potensi diri agar menjadi sumber daya manusia yang unggul dan mampu bersaing dengan bangsa lain. Sumber daya manusia yang unggul dan mampu bersaing bagi seorang siswa adalah siswa yang memiliki prestasi belajar yang baik. Prestasi belajar yang baik diperoleh dari pendidikan yang menanamkan karakter kepada siswa yaitu melalui pendidikan karakter. Pendidikan karakter yang ditanamkan akan membuat siswa memiliki karakter yang baik diantaranya karakter disiplin percaya diri dan mandiri. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan rancangan penelitian explanasi yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh baik secara parsial maupun simultan antara pendidikan karakter yang terdiri dari disiplin percaya diri dan mandiri terhadap prestasi belajar siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Lawang. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Lawang yang berjumlah 151 siswa dengan jumlah sampel sebanyak 76 siswa yang diambil dengan menggunakan metode proportional random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi dan kuesioner. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial maupun simultan pendidikan karakter yang terdiri dari disiplin percaya diri dan mandiri berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Lawang. Berdasarkan hasil penelitian tersebut saran yang dapat direkomendasikan yaitu 1) bagi guru hendaknya menanamkan dan mengembangkan pendidikan karakter yang terdiri dari disiplin percaya diri dan mandiri pada setiap pembelajaran baik melalui ucapan maupun contoh atau keteladanan. 2) bagi siswa hendaknya untuk dapat meningkatkan karakter yang ada di dalam dirinya seperti karakter disiplin percaya diri dan mandiri agar prestasi belajarnya meningkat. 3) bagi peneliti selanjutnya untuk lebih mengembangkannya lagi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 04 Sep 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/34568

Actions (login required)

View Item View Item