Lidinillah, Kamalat Fika (2012) Pengaruh persepsi siswa tentang gaya mengajar guru dan motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa Program IPS pada mata pelajaran akuntansi di SMA Negeri 7 Malang / Kamalat Fika Ladinillah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci persepsi gaya mengajar guru motivasi belajar prestasi belajar siswa Gaya mengajar guru yaitu suatu cara atau metode yang digunakan oleh seorang guru dalam menanamkan pengetahuan membimbing mengubah atau mengembangkan kemampuan perilaku cita-cita pengetahuan dalam proses belajar. Gaya mengajar yang baik dan menyenangkan perlu dimiliki oleh seorang guru untuk mengatasi kebosanan siswa agar mencapai keberhasilan dalam kegiatan pembelajaran. Selain gaya mengajar guru motivasi belajar juga merupakan faktor keberhasilan belajar. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh persepsi siswa tentang gaya mengajar guru dan motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa kelas XI IPS pada mata pelajaran akuntansi baik secara parsial maupun simultan. Penelitian ini termasuk penelitian eksplanasi yang dilakukan di SMA Negeri 7 Malang. Populasi dalam penelitian ini adalah sebanyak 193 siswa kelas XI IPS. Sampel yang digunakan sebanyak 130 siswa yang diambil dengan metode proportional random sampling. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan teknik kuesioner dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan analisis deskriptif dan analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial persepsi siswa tentang gaya mengajar guru berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar siswa dengan nilai thitung 2 886 dari ttabel (1 978) atau sig t (0 005) 0 05. Motivasi belajar siswa juga berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar dengan nilai thitung 4 489 dari ttabel (1 978) atau sig t (0 000) 0 05. Persepsi siswa tentang gaya mengajar guru dan motivasi belajar siswa secara simultan berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar siswa. Nilai R Square sebesar 0 272 menunjukkan bahwa variabel persepsi siswa tentang gaya mengajar guru dan motivasi belajar siswa secara simultan mempengaruhi prestasi belajar siswa sebesar 27%. Sedangkan sisanya sebesar 73% dipengaruhi variabel lain di luar penelitian. Saran dalam penelitian ini adalah (1) siswa dapat meningkatkan motivasinya agar prestasi belajarnya meningkat. (2) guru dapat melakukan evaluasi terhadap gaya mengajarnya secara berkala agar dapat meningkatkan kompetensi yang dimiliki (3) Sekolah dapat melakukan evaluasi atas kinerja guru ditinjau dari perkembangan prestasi belajar siswa (4) Bagi peneliti selanjutnya diharapkan 1) menambah instrument penelitian 2) fokus pada salah satu atau beberapa gaya mengajar 3) hendaknya peneliti memberikan penjelasan kepada siswa sebelum mengisi kuesioner.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 30 Aug 2012 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2012 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/34567 |
Actions (login required)
View Item |