Setyowati, Arini Tri (2012) Penerapan pendekatan scaffolding learning pada mata pelajaran akuntansi sebagai upaya meningkatkan hasil belajar (studi pada siswa kelas XI IPS SMAN 1 Kepanjen) / Arini Tri Setyowati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata kunci Pembelajaran Konstruktivisme Pendekatan Scaffolding Learning Hasil belajar Berdasarkan hasil pengamatan yang dilakukan di SMA Negeri 1 Kepanjen pada kelas XII IPS ditemukan kendala yang dialami siswa yaitu masih minimnya pengetahuan siswa tentang jurnal penyesuaian perusahaan jasa ketika masih duduk di kelas XI sehingga ketika guru akan melanjutkan materi pada jurnal penyesuaian untuk perusahaan dagang sedikit terhambat karena guru harus mengulangi materi jurnal penyesuaian untuk perusahaan jasa. Dari pengamatan ini diinginkan suatu penelitian yang memberikan bantuan kepada siswa kelas XI untuk memahami materi jurnal penyesuaian untuk perusahaan jasa. Selain itu hasil observasi lainnya metode pembelajaran yang diterapkan di SMA Negeri 1 Kepanjen selama ini adalah metode konvensional melalui ceramah dan tanya jawab. Dengan metode itu menyebabkan siswa menjadi pasif dan kurang mandiri dalam belajar. Salah satu upaya yang dilakukan adalah menekankan pada proses pembelajaran yang lebih mengaktifkan siswa (konstruktivisme). Pembelajaran konstruktivime adalah pembelajaran dimana siswa aktif untuk mengkonstruksi pemahaman mereka terhadap materi yang dipelajari sehingga pengetahuan yang diperoleh tidak berasal dari guru saja. Pendekatan konstruktivis dalam pengajaran menerapkan pembelajaran kooperatif secara luas. Pembelajaran kooperatif tersebut diterapkan pada pembelajaran dengan pendekatan scaffolding learning. Pendekatan scaffolding learning merupakan pendekatan yang mengacu pada pemberian bantuan kepada siswa untuk belajar dan memecahkan masalah. Bantuan tersebut dapat berupa petunjuk dorongan peringatan menguraikan masalah-masalah ke dalam langkah-langkah pemecahan masalah memberikan contoh dan tindakan-tindakan lain yang memungkinkan siswa belajar mandiri. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian ini lebih mengarah pada aspek kognitif. Pelaksanaan penelitian tindakan kelas ini dilakukan melalui dua siklus dimana tiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu (1) perencanaan (2) pelaksanaan (3) observasi dan (4) refleksi. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS 1 di SMA Negeri 1 Kepanjen. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi tes catatan lapangan dokumentasi dan pengamatan partisipan. Teknik analisis data dalam penelitian ini melalui tiga tahap yaitu mereduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil dari penelitian diketahui bahwa terjadi peningkatan dari siklus I ke siklus II. Hasil belajar siswa meningkat dari siklus I ke siklus II. Hal iii ini terlihat pada hasil post test yang diberikan. Pada siklus I siswa untuk hasil pre test siswa yang tuntas hanya 2 siswa dan 26 siswa belum tuntas. Pada siklus I siswa yang tuntas berjumlah 18 siswa dan yang belum tuntas sebanyak 10 siswa sedangkan pada siklus II siswa yang tuntas sebanyak 24 siswa dan yang belum tuntas sebanyak 4 siswa. Dengan adanya peningkatan skor rata-rata untuk mengerjakan soal post test pada siklus I dan siklus II dapat disimpulkan bahwa siswa mengalami peningkatan hasil belajar dalam aspek kognitif pada tes tertulis setelah pelaksanaan pembelajaran dengan pendekatan scaffolding learning. Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang diajukan sebagai berikut (1) Bagi guru scaffolding learning dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif pendekatan pembelajaran akuntansi yang dikombinasikan dengan berbagai metode dan strategi pembelajaran lainnya guna mencapai tujuan pembelajaran yang efektif dan efisien. (2) Bagi sekolah hasil penelitian diharapkan menjadi pertimbangan dalam upaya perbaikan penerapan strategi pembelajaran di SMA Negeri 1 Kepanjen karena pembelajaran pendekatan scaffolding learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa. (3) Bagi peneliti berikutnya berikutnya dapat melakukan penelitian yang serupa dengan materi pelajaran lain dan bisa menambahkan ranah afektif dan psikomotorik dalam melakukan penelitian nantinya dan bisa menambahkan variabel selain hasil belajar.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 10 Aug 2012 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2012 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/34565 |
Actions (login required)
View Item |