Fahmi, Moh. Farid Wajdi (2012) Pengaruh keaktifan berorganisasi dan minat belajar terhadap prestasi belajar mahasiswa Jurusan Akuntansi Pengurus Organisasi Kemahasiswaan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang periode 2011/2012 / Moh. Farid Wajdi Fahmi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci Keaktifan Berorganisasi Minat Belajar Prestasi Belajar Mahasiswa Mahasiswa jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Dunia perguruan tinggi merupakan tempat pendidikan yang mengedepankan kemandirian bagi individu yang terlibat di dalamnya sehingga kebebasan dalam bidang akademik maupun non akademik sangat terasa bila dibandingkan dengan tingkat pendidikan di bawahnya. Aspek kegiatan dalam dunia perkuliahan yaitu kegiatan intrakulikuler (akademik) dan kegiatan ekstrakulikuler (keaktifan dalam berorganisasi) menjadi bagian yang tak terpisahkan dalam kegiatan seorang mahasiswa. Tujuan penelitian ini adalah 1) Mengetahui pengaruh Keaktifan berorganisasi mahasiswa terhadap prestasi belajar mahasiswa Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang 2) Mengetahui pengaruh minat belajar terhadap prestasi belajar mahasiswa Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang 3) Mengetahui pengaruh keaktifan berorganisasi dan minat belajar terhadap prestasi belajar mahasiswa Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang Rancangan penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif penelitian ini menggunakan teknik penelitian populasi hal ini dikarenakan jumlah populasi dari subjek penelitian tidak lebih dari 100 responden. Tepatnya 75 responden maka penelitian ini menggunakan penelitian populasi. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Sedangkan untuk analisis datanya menggunakan analisis statistik deskriptif analisis regresi linier berganda dan pengujian hipotesis (uji t dan uji f) Hasil penelitian menunjukkan bahwa keaktifan berorganisasi mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap prestasi belajar mahasiswa Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pengaruh antara variabel X1 (keaktifan berorganisasi) dengan variabel y (prestasi belajar) dengan uji signifikansi 0 001 yang lebih kecil dari 945 0 005. Berdasarkan hasil analisis dapat diketahui bahwa keaktifan berorganisasi memberikan pengaruh secara parsial sebesar 37 3% terhadap prestasi belajar mahasiswa.Signifikan t variabel X2 (minat belajar) adalah sebesar 0 000 yang lebih kecil dari 945 0 005. Hal ini merupakan bukti kuat bahwa keaktifan berorganisasi mahasiswa jurusan akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang dan minat belajar memberikan pengaruh secara parsial sebesar 39 6% terhadap prestasi belajar (Y) Sehubungan dengan Hasil penelitian di atas maka saran yang dapat diberikan oleh penulis kepada mahasiswa yaitu hendaknya lebih bijak membagi waktu antara organisasi dan akademik melibatkan diri secara aktif karena akan memperoleh pengalaman edukatif yang akan mempengaruhi sikap dan cara berpikirnya sedangkan untuk peneliti berikutnya perlu mengadakan penelitian kembali dengan mengambil sampel yang lebih luas lagi dan menghubungkan variabel lain di luar variabel yang telah ada
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 25 Jul 2012 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2012 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/34559 |
Actions (login required)
View Item |