Pengaruh self-efficacy dan motivasi belajar terhadap hasil belajar dengan kemandirian belajar sebagai variabel intervening pada mahasiswa S1 Pendidikan Akuntansi angkatan 2009 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang / Ade Fatichah Nur - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh self-efficacy dan motivasi belajar terhadap hasil belajar dengan kemandirian belajar sebagai variabel intervening pada mahasiswa S1 Pendidikan Akuntansi angkatan 2009 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang / Ade Fatichah Nur

Nur, Ade Fatichah (2012) Pengaruh self-efficacy dan motivasi belajar terhadap hasil belajar dengan kemandirian belajar sebagai variabel intervening pada mahasiswa S1 Pendidikan Akuntansi angkatan 2009 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang / Ade Fatichah Nur. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Self-Efficacy Motivasi Belajar Kemandirian Belajar Hasil Belajar Tujuan Pendidikan nasional bukan sekedar membentuk peserta didik yang berilmu tetapi juga mandiri dalam belajar. Menurut ahli pendidikan kemandirian belajar hanya ditujukan kepada orang dewasa (andragogi). Pendidikan di perguruan tinggi bagi mahasiswa tergolong dalam pendidikan andragogi dimana pendidikan di perguruan tinggi terdapat tuntutan kompetensi bagi mahasiswa bukan hanya dalam tataran teoritis tetapi juga skill praktis yang terkonsep secara teoritis. Karena kemandirian berasal dari kata dasar diri maka yang diduga kuat mempengaruhinya adalah Self-Efficacy dan Motivasi Belajar yang ada dalam diri mahasiswa masing-masing. Jika Self-Efficacy dan Motivasi Belajar mahasiswa baik maka dapat meningkatkan Kemandirian Belajar dan secara tidak langsung mampu meningkatkan Hasil Belajar mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh langsung dan tidak langsung antara Self-Efficacy dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar dengan Kemandirian Belajar sebagai variabel intervening pada mahasiswa S1 Pendidikan Akuntansi Angkatan 2009 FE UM. Penelitian ini merupakan penelitian kausal komparatif menggunakan analisis jalur (path analysis). Populasi penelitian ini adalah mahasiswa S1 Pendidikan Akuntansi Angkatan 2009 FE UM berjumlah 85 mahasiswa dengan sampel 65 mahasiswa. Data diperoleh dengan menyebarkan angket dan dokumentasi berupa nilai Indeks Prestasi mahasiswa semester gasal tahun ajaran 2011/2012. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) terdapat pengaruh langsung Self-Efficacy terhadap Kemandirian Belajar 2) terdapat pengaruh langsung Motivasi Belajar terhadap Kemandirian Belajar 3) terdapat pengaruh langsung Kemandirian Belajar terhadap Hasil Belajar 4) terdapat pengaruh tidak langsung Self-Efficacy terhadap Hasil Belajar melalui Kemandirian Belajar dan 5) terdapat pengaruh tidak langsung Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar melalui Kemandirian Belajar. Berdasarkan penelitian tersebut disarankan agar (a) pendidik (dosen) mampu menumbuhkan Self-Efficacy dan Motivasi Belajar secara ekstrinsik yang dimiliki mahasiswa untuk menumbuhkan Kemandirian Belajar (b) mahasiswa terus memupuk Self-Efficacy dan Motivasi Belajar yang dimiliki serta menyediakan hal-hal yang menunjang belajar karena baik Self-Efficacy Motivasi Belajar dan Kemandirian Belajar berpengaruh terhadap Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 05 Jul 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/34556

Actions (login required)

View Item View Item