Pengembangan media pembelajaran akuntansi berbasis multimedia dalam materi laporan keuangan perusahaan jasa di SMA Negeri 2 Blitar / Primasa Minerva Nagari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran akuntansi berbasis multimedia dalam materi laporan keuangan perusahaan jasa di SMA Negeri 2 Blitar / Primasa Minerva Nagari

Nagari, Primasa Minerva (2012) Pengembangan media pembelajaran akuntansi berbasis multimedia dalam materi laporan keuangan perusahaan jasa di SMA Negeri 2 Blitar / Primasa Minerva Nagari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Media pembelajaran Laporan keuangan Media pembelajaran digunakan untuk meningkatkan pembelajaran dalam kelas. Siswa belajar dengan senang sehingga dapat mengetahui dan memahami ilmu yang ditransformasikan oleh guru. Penggunaan media yang variatif akan meningkatkan motivasi pembelajaran dan akan meningkatkan hasil pembelajaran siswa. Materi laporan keuangan perusahaan jasa merupakan materi yang harus dikuasai siswa baik konsep maupun praktek penyusunan atau sistematika. Materi tersebut dianggap sulit oleh siswa sehingga memerlukan media pendukung untuk mengatasi masalah tersebut. Peralatan multimedia yang lengkap di sekolah harus dimanfaatkan sebaik mungkin. Dengan demikian pengembangan ini mengangkat judul Pengembangan Media Pembelajaran Akuntansi Berbasis Multimedia Dalam Materi Laporan Keuangan Perusahaan Jasa di SMA Negeri 2 Blitar. Tujuan pengembangan ini adalah menghasilkan produk berupa media pembelajaran akuntansi berbasis multimedia dalam materi laporan keuangan perusahaan jasa yang telah melalui proses validasi sehingga dinyatakan layak sebagai alternatif multimedia pembelajaran yang mandiri. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model Dick and Carey. Tahapan yang digunakan meliputi1) analisis situasi awal 2) pengembangan rancangan produk 3) membuat produk 4) uji validitas 5) revisi produk I 6) uji kelayakan 7) revisi produk II dan 8) produk akhir. Validasi media audiovisual dilakukan oleh tiga subyek yaitu ahli materi ahli media dan pengguna (siswa). Hasil validasi oleh ahli materi ahli media dan pengguna (siswa) secara keseluruhan memperoleh rata-rata 93 25% . Hal ini menunjukkan media pembelajaran akuntansi berbasis multimedia yang dikembangkan layak digunakan dalam pembelajaran akuntansi. Hasil tersebut juga didukung rata-rata gain score kelas eksperimen 33 33 lebih tinggi daripada kelas kontrol 3 48. Hasil analisis uji T-test independent sample memperoleh nilai 0 000 lebih kecil daripada 0 05. Berdasarkan hasil validasi dan uji T-test independent sample bahwa media pembelajaran akuntansi berbasis multimedia yang dikembangkan layak digunakan dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan kepada guru khususnya untuk memanfaatkan media pembelajaran berbasis multimedia dalam proses pembelajaran. Sarana dan prasarana di kelas hendaknya memadai untuk menunjang proses pemanfaatan media secara optimal. Lebih jauh agar dapat dikembangkan media pembelajaran akuntansi berbasis multimedia pada materi lain dan inovasi baru agar dapat meningkatkan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Jul 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/34555

Actions (login required)

View Item View Item