Pengaruh persepsi siswa tentang kompentensi profesionalitas guru terhadap prestasi belajar siswa Jurusan Akuntansi di SMK Ardjuna 2 Malang / Lissa Bela Chandra Adi Putri - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh persepsi siswa tentang kompentensi profesionalitas guru terhadap prestasi belajar siswa Jurusan Akuntansi di SMK Ardjuna 2 Malang / Lissa Bela Chandra Adi Putri

Putri, Lissa Bela Chandra Adi (2012) Pengaruh persepsi siswa tentang kompentensi profesionalitas guru terhadap prestasi belajar siswa Jurusan Akuntansi di SMK Ardjuna 2 Malang / Lissa Bela Chandra Adi Putri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Persepsi Siswa tentang Kompetensi Profesionalitas Guru Prestasi Belajar Siswa. Persepsi adalah suatu proses pengenalan individu sebagai tanggapan hasil mencerna menghayati dan mengumpulkan serta menginternalisasi kesan pengamatan sehingga menjadi dasar bagi terbukanya sikap terhadap suatu objek atau situasi tertentu. Dalam hal ini kompetensi profesionalitas guru yang meliputi kompetensi pedagogik kompetensi kepribadian kompetensi sosial dan kompetensi profesional merupakan objek yang dipersepsi oleh siswa. Apabila persepsi siswa tentang kompetensi profesionalitas guru baik maka tidak menutup kemungkinan akan berpengaruh positif terhadap prestasi belajar siswa. Penelitian ini bertujan untuk mengetahui pengaruh secara parsial dan simultan persepsi siswa tentang profesionalitas guru terhadap prestasi belajar siswa jurusan Akuntansi di SMK Ardjuna 2 Malang. Penelitian ini merupakan penelitian kausal (sebab akibat). Analisis yang digunakan adalah analisis regresi berganda.Variabel dalam penelitian ini meliputi variabel bebas yaitu persepsi siswa tentang kompetensi pedagogik kompetensi kepribadian kompetensi sosial dan kompetensi profesional serta variabel terikat yaitu prestasi belajar siswa. Subyek penelitian ini adalah semua siswa kelas XI dan XII jurusan Akuntansi di SMK Ardjuna 2 Malang. Sedangkan teknik pengumpulan datanya adalah menggunakan angket dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan arah perubahan variabel persepsi siswa tentang kompetensi pedagogik kompetensi kepribadian kompetensi sosial dan kompetensi profesional terhadap prestasi belajar siswa dapat dilihat dari hasil persamaan regresi berganda yaitu Y 2 470 0 028 X1 0 025 X2 0 100 X3 0 070 X4. Dari persamaan regresi tersebut dapat dilihat bahwa koefisien variabel bernilai positif semua yang berarti terdapat pengaruh positif persepsi siswa tentang kompetensi profesionalitas guru terhadap prestasi belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disarankan hendaknya semua guru Akuntansi berusaha untuk terus meningkatkan kompetensi profesionalitasnya sehingga diharapkan dapat meningkatkan pula persepsi siswa tentang kompetensi profesionalitas guru tersebut yang nantinya dapat berpengaruh positif terhadap prestasi belajar siswa. Sedangkan kepada para pembaca yang berminat meneliti kasus sejenis sebaiknya menggunakan penelitian sampel dengan wilayah populasi yang lebih luas dan mengembangkan permasalahan yang terkait dengan prestasi belajar siswa. Dengan demikian hasil yang diharapkan dapat mengungkap lebih banyak permasalahan dan memberikan hasil temuan penelitian yang lebih berarti dan bermanfaat bagi banyak pihak.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 02 Jul 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/34550

Actions (login required)

View Item View Item