Pengaruh keaktifan siswa dalam proses pembelajaran dan kebiasaan belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi kelas XI Jurusan IPS di SMA Negeri 2 Malang / Bagus Ginanjar Sasmito - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh keaktifan siswa dalam proses pembelajaran dan kebiasaan belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi kelas XI Jurusan IPS di SMA Negeri 2 Malang / Bagus Ginanjar Sasmito

Sasmito, Bagus Ginanjar (2012) Pengaruh keaktifan siswa dalam proses pembelajaran dan kebiasaan belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi kelas XI Jurusan IPS di SMA Negeri 2 Malang / Bagus Ginanjar Sasmito. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Keaktifan Kebiasaan Belajar Prestasi Belajar Terdapat dua faktor yang mempengaruhi prestasi belajar yaitu faktor intern dan faktor ekstern. Keaktifan dan kebiasaan belajar merupakan contoh dari faktor intern yang dapat mempengaruhi prestasi belajar. Keaktifan siswa sangat diperlukan dalam proses belajar mengajar. Tanpa adanya keaktifan maka proses belajar tidak akan berjalan. Hal ini dikarenakan proses belajar selalu berkaitan dengan melakukan suatu aktivitas fisik maupun psikis. Dengan adanya keaktifan yang tinggi maka proses belajar akan berjalan dengan baik serta akan menghasilkan prestasi belajar yang maksimal. Kebiasaan belajar juga berpengaruh terhadap prestasi belajar. Dengan adanya kebiasaan belajar yang baik maka proses belajar akan lancar dan akhirnya akan menghasilkan prestasi belajar yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh keaktifan siswa dalam proses pembelajaran terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi kelas XI jurusan IPS di SMA Negeri 2 Malang (2) pengaruh kebiasaan belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi kelas XI jurusan IPS di SMA Negeri 2 Malang (3) pengaruh keaktifan siswa dalam proses pembelajaran dan kebiasaan belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi kelas XI jurusan IPS di SMA Negeri 2 Malang. Jenis penelitian ini adalah eksplanasi kuantitatif yaitu penelitian yang menjelaskan pengaruh variabel satu dengan yang lain. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuisioner. Teknik analisis datanya menggunakan regresi linier berganda untuk mengetahui pengaruh baik parsial maupun simultan dari variabel-variabel independen terhadap variabel dependen. Dari hasil analisis data diketahui bahwa keaktifan siswa dalam proses pembelajaran memiliki pengaruh yang signifikan terhadap prestasi belajar siswa dengan nilai signifikansi 0 004. Kebiasaan belajar siswa juga memiliki pengaruh yang signifikan terhadap prestasi belajar siswa dengan nilai signifikan 0 001. Secara simultan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran dan kebiasaan belajar siswa memiliki pengaruh signifikan tehadap prestasi belajar siswa dengan nilai signifikansi 0 037. Saran yang diajukan adalah Untuk pembaca yang berminat melakukan penelitian sejenis sebaiknya menambahkan variabel bebas lain yang relevan mengingat keterbatasan dari hasil penelitian ini yaitu hanya 26 5% variabel bebas dalam penelitian ini yang dapat mempengaruhi prestasi belajar sehingga terdapat 73 5% variabel lain masih perlu diteliti dalam pengaruhnya terhadap prestasi belajar. Untuk pihak sekolah dan keluarga sebaiknya lebih memberi motivasi dan menambah fasilitas belajar siswa agar prestasi belajar siswa bisa lebih baik. Untuk siswa diharapkan dapat mempertahankan prestasi belajarnya dan selalu belajar dengan giat agar dapat meningkatkan prestasi belajarnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 26 Jun 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/34545

Actions (login required)

View Item View Item