Pengaruh persepsi siswa tentang citra sekolah terhadap motivasi dan hasil belajar siswa kelas XI jurusan ilmu sosial mata pelajaran akuntansi di SMA Negeri 1 Pasuruan / Mandala Eka Cahya Lisdiansya - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh persepsi siswa tentang citra sekolah terhadap motivasi dan hasil belajar siswa kelas XI jurusan ilmu sosial mata pelajaran akuntansi di SMA Negeri 1 Pasuruan / Mandala Eka Cahya Lisdiansya

Lisdiansya, Mandala Eka Cahya (2012) Pengaruh persepsi siswa tentang citra sekolah terhadap motivasi dan hasil belajar siswa kelas XI jurusan ilmu sosial mata pelajaran akuntansi di SMA Negeri 1 Pasuruan / Mandala Eka Cahya Lisdiansya. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci citra sekolah motivasi dan hasil belajar. Secara alami motivasi belajar siswa sesungguhnya berkaitan erat dengan keinginan siswa untuk terlibat dalam proses pembelajaran. Seorang siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi pada umumnya mampu meraih keberhasilan dalam proses maupun hasil belajar. Salah satu pendorong motivasi yang terkait dengan sekolah adalah citra sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi siswa tentang citra sekolah terhadap motivasi belajar siswa pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar dan pengaruh persepsi siswa tentang citra sekolah terhadap hasil belajar yang diintervensi oleh motivasi belajar. Penelitian ini termasuk jenis penelitian eksplanasi yang dilaksanakan di SMA Negeri 1 Pasuruan. Adapun subjek yang diteliti adalah populasi siswa kelas XI IS yang berjumlah 79 siswa. Pengumpulan data menggunakan instrumen angket dan dokumentasi. Berdasarkan hasil analisis regresi linier pada pengaruh persepsi siswa tentang citra sekolah terhadap motivasi belajar coefficient sig. menunjukan nilai 0 000 nilai probabilitas 0 05 sehingga dapat disimpulkan persepsi siswa tentang citra sekolah berpengaruh langsung dan signifikan terhadap motivasi belajar. Dan pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar coefficient sig. menunjukan nilai 0 014 nilai probabilitas 0 05 sehingga dapat disimpulkan motivasi belajar berpengaruh langsung dan signifikan terhadap hasil belajar. Pada pengujian path analysis menunjukan pengaruh tidak langsung persepsi siswa tentang citra sekolah terhadap hasil belajar yang diintervensi oleh motivasi belajar dengan konstribusi 0 185. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) Terdapat pengaruh persepsi siswa tentang citra sekolah terhadap motivasi belajar siswa (2) Terdapat pengaruh motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar siswa serta (3) Terdapat pengaruh persepsi siswa tentang citra sekolah terhadap hasil belajar yang diintervensi oleh motivasi belajar. Saran yang diajukan dalam penelitian ini adalah (1) Dengan meningkatkan citra sekolah maka secara tidak langsung dapat meningkatkan hasil belajar siswa (2) Senantiasa membangkitkan motivasi belajar siswa yang tinggi agar dapat meningkatkan prestasi belajar siswa dan (3) Bagi peneliti selanjutnya yang tertarik pada masalah atau topik yang berkaitan dengan motivasi dan hasil belajar siswa hendaknya menambah variabel dan sampel sehingga penelitian dapat lebih bervariasi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 21 Jun 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/34540

Actions (login required)

View Item View Item