Pengaruh pemanfaatan perpustakaan sekolah sebagai sumber belajar terhadap prestasi belajar siklus akuntansi siswa kelas X SMK Ardjuna 2 Malang / Maria Sudarwati - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh pemanfaatan perpustakaan sekolah sebagai sumber belajar terhadap prestasi belajar siklus akuntansi siswa kelas X SMK Ardjuna 2 Malang / Maria Sudarwati

Sudarwati, Maria (2012) Pengaruh pemanfaatan perpustakaan sekolah sebagai sumber belajar terhadap prestasi belajar siklus akuntansi siswa kelas X SMK Ardjuna 2 Malang / Maria Sudarwati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci pemanfaatan perpustakaan sekolah sebagai sumber belajar prestasi belajar siswa. Perpustakaan sekolah merupakan salah satu sumber belajar yang dapat menunjang peningkatan kualitas pendidikan karena perpustakaan sekolah merupakan bagian penting dari komponen pendidikan yang tidak dapat dipisahkan keberadaannya dari lingkungan sekolah. Sebagai sumber belajar perpustakaan sekolah berfungsi sebagai penunjang kegiatan belajar siswa membantu siswa dan guru dalam memacu tercapainya tujuan pendidikan di sekolah. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah pemanfaatan perpustakaan sekolah sebagai sumber belajar (X) sedangkan variabel terikat adalah prestasi belajar (Y). Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMK Ardjuna 2 Malang yang berjumlah 49 siswa. Data diperoleh dari hasil kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis regresi linier sederhana digunakan untuk menganalisis seberapa jauh pengaruh pemanfaatan perpustakaan sekolah sebagai sumber belajar terhadap prestasi belajar siswa. Hasil dari penelitian yang telah dilakukan adalah pemanfaatan perpustakaan sekolah sebagai sumber belajar berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar siswa dengan nilai signifikansi sebesar 0 001. Berdasarkan hasil analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa pemanfaatan perpustakaan sekolah sebagai sumber belajar berpengaruh terhadap prestasi belajar siklus akuntansi siswa kelas X SMK Ardjuna 2 Malang. Berdasarkan hasil penelitian tersebut saran yang dapat diberikan adalah (1) guru memanfaatkan perpustakaan sekolah sebagai pusat pembelajaran selain di kelas (2) populasi yang digunakan lebih besar dari populasi penelitian ini serta mengembangkan permasalahan yang dibahas dan teknik pengumpulan data tidak hanya dilakukan dengan kuesioner (angket) saja tetapi dapat dikombinasikan dengan teknik wawancara atau observasi sehingga hasil penelitian nantinya dijadikan bahan pertimbangan dalam proses belajar mengajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 20 Jun 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/34538

Actions (login required)

View Item View Item