Kusuma, M.F. Hadi (2012) Perbedaan prestasi belajar siswa pada mata diklat siklus akuntansi perusahaan jasa dengan menggunakan model pembelajaran ceramah ( studi kasus siswa XI IPS SMA Negeri 3 Blitar) / M.F. Hadi Kusuma. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci Modul Prestasi Belajar Pendidikan moderen menghendaki agar para siswa sebanyak mungkin dilibatkan dalam proses belajar mengajar sehingga siswa tidak hanya mendapatkan materi dari guru tetapi juga usaha sendiri mencari sumber-sumber lain sebagai pengayaan dari ilmu yang diperoleh. Untuk mencapai keberhasilan kualitas belajar mengajar yang diharapkan perlu adanya suatu pendekatan pembelajaran yang relevan sesuai tuntutan kurikulum yang terus berubah. Salah satu strategi belajar mengajar dengan menggunakan modul sebagai bahan ajar yang dapat melibatkan siswa secara aktif dan kreatif dalam proses pembelajaran. Proses belajar mengajar modul dengan melibatkan langsung siswa dapat memotivasi siswa untuk belajar aktif dan kreatif. Dengan demikian siswa akan menemukan konsep yang dipelajari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan prestasi belajar dengan menggunakan metode pembelajaran modul dengan pembelajaran ceramah pada pelajaran akuntansi kelas XI SMA Negeri 3 Blitar. Metode penelitian yang digunakan adalah jenis rancangan penelitian Quasi eksperimental atau eksperimen semu. Teknik pengumpulan data melalui metode tes instrumen berupa soal objektif. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Sampel yang digunakan adalah siswa kelas XI IPS 1 sebagai kelas kontrol dan XI IPS 2 sebagai kelas eksperimen di SMA Negeri 3 Blitar. Analisis penelitian yang dipakai adalah uji beda dua rata-rata atau t-test . Hasil penelitian diperoleh bahwa skor hasil belajar untuk kelas eksperimen 83 83 sedangkan untuk kelas kontrol sebesar 76 33. Berdasarkan rata-rata skor hasil belajar di atas bahwa hasil belajar akuntansi siswa kelas eksperimen lebih baik daripada hasil belajar akuntansi siswa kelas kontrol. Saran yang bisa diberikan adalah agar dalam mengajar guru hendaknya menggunakan modul untuk meningkatkan prestasi belajar ke kriteria yang baik sekali siswa diharapkan memiliki kreativitas yang tinggi sehingga modul yang dipelajari dapat diselesaikan tepat waktu dan bagi peneliti lain disarankan untuk melakukan penelitian tentang pembelajaran berbasis modul pada materi lain dan diharapkan hasil penelitian ini bisa dijadikan sebagai dasar pengembangan modul sesuai dengan mata pelajaran yang diberikan di sekolah-sekolah. Kesimpulan penelitian bahwa model pembelajaran menggunakan modul berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 28 May 2012 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2012 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/34529 |
Actions (login required)
View Item |