Pengaruh lingkungan keluarga dan ketersediaan sumber belajar di rumah terhadap prestasi belajar siswa jurusan akuntasi di SMK Ardjuna 02 Malang / Linda Amalia Krisnawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh lingkungan keluarga dan ketersediaan sumber belajar di rumah terhadap prestasi belajar siswa jurusan akuntasi di SMK Ardjuna 02 Malang / Linda Amalia Krisnawati

Krisnawati, Linda Amalia (2012) Pengaruh lingkungan keluarga dan ketersediaan sumber belajar di rumah terhadap prestasi belajar siswa jurusan akuntasi di SMK Ardjuna 02 Malang / Linda Amalia Krisnawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Lingkungan Keluarga Sumber Belajar Prestasi Belajar Lingkungan keluarga merupakan salah satu aspek yang mempunyai peranan penting dalam menentukan tingkat prestasi belajar siswa. Keluarga merupakan pusat pendidikan yang pertama dan utama hal ini disebabkan karena keluarga merupakan orang-orang terdekat bagi seorang anak. Selain lingkungan keluarga ketersediaan sumber belajar di rumah merupakan aspek yang tidak kalah penting dalam menentukan tingkat prestasi belajar siswa. Dengan dukungan dari keluarga dan dengan ketersediaan sumber belajar di rumah akan memudahkan anak dalam mencapai prestasi belajar. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui tentang (1) pengaruh lingkungan keluarga terhadap prestasi belajar siswa (2) pengaruh ketersediaan sumber belajar di rumah terhadap prestasi belajar siswa (3) pengaruh lingkungan keluarga dan ketersediaan sumber belajar di rumah terhadap prestasi belajar siswa. Rancangan penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Instrument dalam penelitian ini berupa angket kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik regresi berganda. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI dan XII Jurusan Akuntansi SMK Ardjuna 02 Malang yaitu sebanyak 36 siswa. Penelitian ini menunjukkan bahwa lingkungan keluarga tergolong baik ketersediaan sumber belajar di rumah tergolong lengkap dan prestasi belajar siswa tergolong baik. Dan dari hasil analisis regresi berganda terhadap prestasi belajar siswa diketahui (1) terdapat pengaruh positif yang signifikan lingkungan keluarga terhadap prestasi belajar siswa (2) terdapat pengaruh positif yang signifikan ketersediaan sumber belajar di rumah terhadap prestasi belajar siswa (3) terdapat pengaruh lingkungan keluarga dan ketersediaan sumber belajar di rumah secara positif yang signifikan terhadap prestasi belajar siswa. Prestasi belajar dapat dijelaskan oleh variabel bebas (lingkungan keluarga dan ketersediaan sumber belajar di rumah ) sebesar 48% sedangkan sisanya 52% disebabkan oleh variabel lain. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disarankan (1) agar orang tua meningkatkan lagi perhatian dan motivasi anaknya dalam kegiatan belajar khususnya di waktu siswa di rumah (2) guru merupakan orang tua ke dua bagi siswa diharapkan guru lebih memperhatikan kesulitan belajar siswanya sehingga diharapkan dapat tercipta kondisi belajar siswa yang baik ketika siswa belajar di sekolah yang dapat mendukung prestasi belajar siswa (3) bagi peneliti selanjutnya diharapkan variabel yang ingin diteliti lebih diperluas lagi misalnya menambah variabel minat dan motivasi serta penambahan metode wawancara kepada orang tua siswa sehingga hasil penelitian dapat digunakan sebagai landasan atau bahan litaratur penelitian selanjutnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 05 Apr 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/34525

Actions (login required)

View Item View Item