Efektivitas model pembelajaran kooperatif (Cooperative learning) tipe role playing dan tipe examples non examples untuk meningkatkan hasil belajar ekonomi siswa kelas VII MTS Surya Buana Malang / Ghilang Khinaris FM - Repositori Universitas Negeri Malang

Efektivitas model pembelajaran kooperatif (Cooperative learning) tipe role playing dan tipe examples non examples untuk meningkatkan hasil belajar ekonomi siswa kelas VII MTS Surya Buana Malang / Ghilang Khinaris FM

Khinaris FM, Ghilang (2012) Efektivitas model pembelajaran kooperatif (Cooperative learning) tipe role playing dan tipe examples non examples untuk meningkatkan hasil belajar ekonomi siswa kelas VII MTS Surya Buana Malang / Ghilang Khinaris FM. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Pembelajaran Kooperatif Role Playing Examples Non Examples Hasil Belajar. Berdasarkan hasil wawancara dengan guru mata pelajaran ekonomi MTs Surya Buana Malang guru biasanya menggunakan metode ceramah dan kurang bervariasi. Selain itu model pembelajaran Kooperatif (Cooperative Learning) Tipe Examples Non Examples pernah juga diterapkan dalam proses belajar mengajar. Karena model pembelajarannya kurang bervariasi dan kurang sesuai maka seringkali hasil belajar tidak sesuai dengan yang diharapkan. Hal tersebut terlihat pada hasil nilai ulangan harian yang masih rendah dan berada di bawah batas KKM. Role Playing merupakan tipe dari model pembelajaran Kooperatif yang belum diterapkan dalam proses belajar mengajar. Role Playing adalah suatu model pembelajaran yang dilakukan melalui pengembangan imajinasi dan penghayatan siswa yang terwujud dalam skenario drama yang ditampilkan di depan kelas. Penelitian ini adalah penelitian Quasi Eksperimental yang menggunakan dua model pembelajaran Kooperatif yaitu Role Playing dan Examples Non Examples. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII MTs Surya. Analisis data menggunakan Uji t Test sedangkan data yang di ukur adalah data pre test post test dan gain skor. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran Kooperatif tipe Examples Non Examples dapat meningkatkan hasil belajar siswa sebesar 58% sedangkan tipe Role Playing dapat meningkatkan hasil belajar siswa sebesar 83%. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Model pembelajaran Kooperatif tipe Role Playing lebih efektif dibandingkan dengan tipe Examples Non Examples. Oleh karena itu peneliti dapat memberikan saran bahwa model pembelajaran Kooperatif tipe Role Playing dapat digunakan sebagai alternatif model pembelajaran yang dapat diterapkan di dalam kelas. Jika ingin melanjutkan penelitian ini peneliti selanjutnya dapat menerapkan model pembelajaran Kooperatif (Cooperative Learning) tipe Role Playing pada pokok bahasan yang berbeda serta memperbanyak sampel penelitian.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 05 Mar 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/34520

Actions (login required)

View Item View Item