Widiarsa, Andika (2012) Pengaruh hasil belajar mata diklat produktif terhadap prestasi praktik kerja industri (Prakerin) siswa kelas XII Akuntansi SMK Negeri 1 Turen Kabupaten Malang / Andika Widiarsa. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci Hasil Belajar Mata Diklat Produktif Prestasi Praktik Kerja Industri (Prakerin). Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) sebagai lembaga pendidikan yang bertujuan menciptakan lulusan siap kerja dituntut untuk mampu memenuhi tantangan sebagai penyedia lulusan yang kompeten dan sesuai dengan kebutuhan dunia usaha. Berbeda dengan sekolah menengah tingkat atas lainnya kegiatan belajar di SMK menggunakan dua macam sistem belajar yaitu yang biasa disebut pendidikan sistem ganda. Dengan pendidikan sistem ganda siswa SMK diwajibkan untuk menempuh kegiatan belajar dalam dua lingkungan belajar yang berbeda. Lingkungan pertama adalah sekolah dimana siswa belajar tentang pemahaman materi. Lingkungan belajar yang kedua adalah dunia usaha dimana siswa belajar dari pengalaman saat melakukan praktik kerja di industri. Kedua kegiatan dan lingkungan belajar saling berhubungan satu sama lain. Dengan adanya pemahaman tentang materi mata diklat khususnya mata diklat produktif secara baik tentunya akan membantu kelancaran siswa dalam melaksanakan kegiatan praktik kerja. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh hasil belajar mata diklat produktif terhadap prestasi prakerin. Penelitian ini merupakan penelitian eksplanasi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XII Program Keahlian Akuntansi di SMK Negeri 1 Turen tahun pelajaran 2011/2012. Penelitian ini adalah penelitian populasi yang tidak menggunakan teknik pengampilan sampel karena subjek yang diteliti sedikit hanya 69 siswa kurang dari 100. Data yang digunakan adalah data sekunder berupa rata-rata nilai dari 15 kompetensi keahlian pada mata diklat produktif yang diperoleh dari buku rapor dan nilai prakerin siswa. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis regresi linier sederhana. Hasil analisis menunjukkan bahwa hasil belajar mata diklat berpengaruh terhadap prestasi prakerin. Hal ini menunjukkan bahwa pemahaman mata diklat produktif yang baik berakibat pada kemampuan prakerin siswa sehingga nilai prakerinnya baik. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan agar dilakukan penelitian lebih lanjut dengan menambah teknik pengambilan data misalnya dengan wawancara. Selain itu melakukan observasi lebih dalam mengenai keabsahan data khususnya nilai prakerin dan menambah variabel bebas misalnya variabel motivasi dan/atau kesesuaian tempat prakerin.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 22 Feb 2012 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2012 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/34519 |
Actions (login required)
View Item |