Wiratmoko (2012) Pengaruh motivasi belajar, minat belajar, dan lingkungan belajar terhadap prestasi belajar siswa program keahlian akutansi di SMK Ardjuna 2 Malang / Wiratmoko. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci motivasi belajar minat belajar lingkungan belajar prestasi belajar siswa Prestasi belajar merupakan suatu pencapaian dari proses belajar siswa. Belajar dipengaruhi oleh banyak faktor baik faktor internal maupun faktor eksternal. Faktor internal dan eksternal yang mempunyai peranan penting dalam belajar siswa diantaranya motivasi belajar minat belajar dan lingkungan belajar. Motivasi belajar dan minat belajar merupakan faktor intern yang dapat mendorong siswa dalam belajar sedangkan lingkungan belajar merupakan faktor eksternal yang dapat mendukung belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar minat belajar dan lingkungan belajar terhadap prestasi belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa program studi akuntansi SMK Ardjuna 2 Malang tahun pelajaran 2011/2012 dengan sampel yang digunakan adalah siswa kelas XI dan XII. Pengambilan sampel ini menggunakan teknik purposive sampling. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh secara parsial motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa program keahlian akuntansi SMK Ardjuna 2 Malang minat belajar terhadap prestasi belajar siswa program keahlian akuntansi SMK Ardjuna 2 Malang lingkungan belajar terhadap prestasi belajar siswa program keahlian akuntansi SMK Ardjuna 2 Malang. Sedangkan secara simultan terdapat pengaruh motivasi belajar minat belajar dan lingkungan balajar terhadap prestasi belajar siswa program keahlian akuntansi SMK Ardjuna 2 Malang. Berdasarkan uraian di atas terdapat pengaruh motivasi belajar minat belajar dan lingkungan belajar terhadap prestasi belajar siswa baik secara parsial maupun simultan. Saran yang dapat diberikan adalah hendaknya siswa meningkatkan motivasi dan minat dalam belajarnya dan juga semua pihak untuk dapat menciptakan lingkungan belajar yang baik sehingga prestasi belajar siswa menjadi lebih baik.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 15 Feb 2012 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2012 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/34514 |
Actions (login required)
View Item |