Dwiningsih, Eka (2012) Identifikasi materi pembelajaran matakuliah komputer teknik prodi pendidikan teknik bangunan jurusan teknik sipil Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang / Eka Dwiningsih. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci Identifikasi Materi Pembelajaran Matakuliah Komputer Teknik Pesatnya perkembangan teknologi informasi di dunia pendidikan dan industri khusunya komputer saat ini menuntut individu untuk mengenal memahami dan menguasainya. Oleh karena itu kurikulum Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan Universitas Negeri Malang menyediakan mata kuliah Komputer Teknik dimaksudkanuntuk menyiapkan mahasiswa agar mampu menjawab tantangan tersebut. Matakuliah Komputer Teknik tersebut kemudian dirinci dalam Satuan Acara Perkuliah (SAP) DUE-LIKE 2002. Menu materiyang disajikan meliputipengetahuandasar komputer dan bahasa pemrograman antara lain Mocrosoft Excel MicrosoftWord Microsoft PowerPoint Foltran danV-Basic. Agar output yang dihasilkan berkualitas maka semua materi-materi tersebut harus disampaikan oleh dosen kepada mahasiswa. Rumusan masalah penelitian ini adalahbagaimanakah materi pembelajaran matakuliahKomputer Teknik S1 PTB UM menurut kurikulum dan SAP DUE-LIKE 2002 disampaikan oleh dosen kepada mahasiswa. Sedangkan tujuan dari pe-nelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa lengkap materi matakuliah Komputer Teknik yang disampikan oleh dosen kepada mahasiswa sebagaimana tersaji dalam kurikulum dan SAP DUE-LIKE 2002. Diharapkan hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan bagi pihak-pihak terkait untuk penyempurnaan materi matakuliah Komputer Teknik. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa S1PTB UM angkatan 2007 2008 2009 dan 2010. Instrumen penelitian berbentuk kuesioner tertutup. Sebelum disebarkan instrumen diujicoba validitasisinyadengan cara memberikan kuesioner kepada pembimbing I untuk diperiksa dan disempurnakan. Setelah itu dilakukan penghitungankoevisien validitas dan reabilitas butir dengan cara memberikan koesioner kepada 30 mahasiswa yang pernah menempuh matakuliah Komputer Teknik. Koevisien validitas dan reabilitas dihitung menggunakan software SPSS 16.00 for Windows. Hasil perhitungan koevisien reabilitas butir sebesar 0 834. Sedangkan nilai validitas butir dari delapan pertanyaan masing-masing sebesar 0 493 0 503 0 671 0 681 0 488 0 691 0 748 dan 0 499. Pengumpulan data dilakukan dengan cara menyebarkan kuesioner kepada responden dengan dibantu tiga teman sejawat. Selanjutnya data yang terkumpul dimasukkan ke dalam lembar transfer kemudian dianalisis dengan menggunakanstatistik distribusi frekwensi range dan prosentase. Kesimpulan yang dapat ditarikdari penelitian ini bahwa dosen tidak mengajarkan atau hannya sebagian materi Komputer Teknik yang diajarkan. Adapun rerata presentasenya yaitu 1) sedikitnya 31 5% mahasiswa menjawab diajar sebagian materi Dasar-dasar Operasi komputer. Materi yang kurang disampaikan yaitu materi pengenalan sistem operation dan materi pengenalan fungsi-fungsi pada operasi Windows masing-masing 50% 2) sebesar 45 7% mahasiswa menjawab diajar sebagian materi aplikasi olah kata dengan Mc. Word. Pada materi koreksi teks template mencetak naskah cetak gabung dan membuat halaman Webtidak semua disampaikan kepada mahasiswa. Menurut angkatan 2007 rerata sebesar 13 34% diajarkan menurut angkatan 2008 sebesar 27 06% menurut angkatan 2009 sebesar 16 28% dan menurut angkatan 2010 sebesar 19 98% yang diajarkan 3) sekitar 46 8% mahasiswa menjawab diajar sebagian materi aplikasi olah data dengan Mc. Excel. Pada materi mencetak dan memformat halaman lembar kerja majemuk proteksi dan bekerja bersama database gambar Objek Linking and Embedding (OLE) dan ekspor Operasi file dan Windows Explorer penggunaan rumus differensial dan integral Fungsi-fungsi enginering persamaan differensial dan anilisis toolpak pemakaian Excel di laboratorium tidak semua diajarkan. Menurut angkatan 2007 rerata materi di atas diajarkan sebesar 18 19% menurut angkatan 2008 sebesar 28 35% menurut angkatan 2009 sebesar 25% dan menurut angkatan 2010 sebesar 32 68% yang diajarkan 4) sementara itu 31 4% mahasiswa menjawab diajar sebagian materi program presentasi dengan Mc. PowerPoint. Menurut mahasiswa angkatan 2007 2008 2009 dan 2010 materi yang tidak diajarkan yaitu mate-ri menggunakan different views dan printing optionsdengan rerata sebesar 26 95%. Sementara itu materi memasukkan presentasi ke dalam World Wide Websedikitnya 3% yang diajarkan 5) sebanyak 48% mahasiswa menjawab diajarkansebagian materi bahasa pemrograman 6) sedangkan 53% mahasiswa menjawab tidak diajarmeteri dasar fortran 7) sebesar 59 4% mahasiswa menjawab tidak diajarmateri Fortran Terstruktur dan 8) sebesar 42 8% mahasiswa menjawab tidak diajar materi Visual Basic 6.0. Oleh karena itu disarankan kepada Ketua Jurusan dan dosen pengajar untuk membaharui materi matakuliah Komputer Teknik. Selain itu disarankan kepada pe-neliti lanjutan untuk melakukan penelitian tentang pembuatan modul materi Komputer Teknik. disarankan juga untuk melakukan penelitian tentang pengembangan laboratorium penelitian guna mengevaluasi matakuliah yang bersangkutan dan mengidentivikasi masalah dosen dalam mengajar materi Komputer Teknik.Pelakukan penelitian serupa dengan populasi yang lebih luas dan penelitian yang ditujukan kepada mahasiswa baru guna mengetahui pengetahuan dasar yang mereka miliki tentang materi Komputer Teknik.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 13 Feb 2012 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2012 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/34513 |
Actions (login required)
View Item |