Pengembangan E-modul mata pelajaran teknologi informasi dan komunikasi kelas VII semester 2 pokok materi hardware dan software di SMP Negeri 1 Bantur Kabupaten Malang / Widyatama Cahya Cipto - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan E-modul mata pelajaran teknologi informasi dan komunikasi kelas VII semester 2 pokok materi hardware dan software di SMP Negeri 1 Bantur Kabupaten Malang / Widyatama Cahya Cipto

Cipto, Widyatama Cahya (2012) Pengembangan E-modul mata pelajaran teknologi informasi dan komunikasi kelas VII semester 2 pokok materi hardware dan software di SMP Negeri 1 Bantur Kabupaten Malang / Widyatama Cahya Cipto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Pengembangan E-Modul Teknologi Informasi dan Komunikasi Pembelajaran TIK di SMP selama ini cenderung menggunakan metode ceramah dalam proses pembelajaran sehingga siswa merasa jenuh dan kurang termotivasi saat proses pembelajaran. Untuk memvasilitasi gaya belajar siswa yang bervariasi dan dapat dilakukan oleh guru yang memiliki minat belajar sekalipun bukan guru TIK perlu di kembangkannya bahan ajar yang dapat mengatsi permasalahan-permasalahan dalam proses pembelajaran. Tujuan pengembangan ini adalah untuk menghasilkan produk bahan ajar berupa e-modul yang layak pakai untuk pembelajaran TIK Kelas VII Semester 2 pokok materi hardware dan software. Model pengembangan e-modul pembelajaran TIK ini memadukan model Borg Gall dan model ADDIE. Model pengembangan tersebut dimodifikasi disesuaikan dan diadaptasi sehingga menghasilkan model pengembangan yang mengacu pada kedua model pengembangan tersebut. Prosedur penelitian pengembangan yang penulis gunakan memiliki empat tahapan yaitu analisis perancangan pengembangan produk dan uji coba. Berdasarkan hasil uji coba dapat dikemukakan sebagai berikut uji coba ahli media di dapat presentase 88 3% berdasarkan kriteria kelayakan e-modul ini termasuk kualifikasi layak. Uji coba ahli meteri didapat presentase 90% berdasarkan kriteria kelayakan e-modul ini termasuk kualifikasi layak. Uji coba siswa perorangan didapat presentase 85 8% berdasarkan kriteria kelayakan e-modul ini termasuk kualifikasi layak. Uji coba siswa kelompok kecil didapat presentase 84% berdasarkan kriteria kelayakan e-modul ini termasuk kualifikasi layak. Uji coba siswa lapangan didapat presentase 81 9% berdasarkan kriteria kelayakan e-modul ini termasuk kualifikasi layak. Sedangkan untuk hasil belajar siswa dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari selisih nilai rata-rata nilai pre-tes dan post-tes yaitu terjadi peningkatan skor hasil belajar pada uji coba siswa perorangan secara keseluruhan sebesar 23.3% kelompok kecil sebesar 25% dan uji lapangan sebesar 30.5%. Kesimpulan pengembangan e-modul mata pelajaran TIK kelas VII pokok materi hardware dan software layak pakai dan efektif untuk dimanfaatkan sebagai bahan ajar alternatif untuk Sekolah Menengah Pertama (SMP) kelas VII. Saran dari pengembang sebagai berikut (1) karena e-modul yang telah dikembangkan ini hanya terfokus pada pokok bahasan hardware dan software untuk pengembang berikutnya perlu dikembangkan lagi pokok bahasan yang lain. (2) Diharapkan adanya inovasi secara berkelanjutan agar mutu dari e-modul mempunyai kualitas yang lebih baik sehingga pencapaian hasil belajar siswa lebih maksimal. (3) E-modul yang telah dikembangkan dapat dijadikakan sebagai alternatif pemecahan masalah pembelajaran TIK di SMP.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 20 Jul 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/345

Actions (login required)

View Item View Item