Pengaruh pembelajaran kooperatif dengan media kartu kerja terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi kelas XI IPS di MAN Sumberoto Donomulyo / Riris Dwi Yunita - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh pembelajaran kooperatif dengan media kartu kerja terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi kelas XI IPS di MAN Sumberoto Donomulyo / Riris Dwi Yunita

Yunita, Riris Dwi (2011) Pengaruh pembelajaran kooperatif dengan media kartu kerja terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi kelas XI IPS di MAN Sumberoto Donomulyo / Riris Dwi Yunita. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Pembelajaran Kooperatif Kartu Kerja Hasil Belajar Pemilihan metode pembelajaran dan media pembelajaran yang tepat dapat berdampak positif terhadap hasil belajar akuntansi siswa. Metode dan media pembelajaran yang dapat diterapkan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi adalah metode pembelajaran kooperatif dengan media kartu kerja. Melalui metode dan media ini diharapkan pembelajaran akuntansi menjadi lebih mudah dan menyenangkan. Selain itu dengan penerapan metode dan media ini siswa tidak hanya menerima materi pelajaran tetapi mereka juga dilatih untuk bekerja di dalam kelompok dan bertanggung jawab terhadap keberhasilan kelompok. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar akuntansi siswa yang diajar melalui pembelajaran kooperatif dengan media kartu kerja lebih baik dari hasil belajar siswa melalui metode kooperatif tanpa media. Pembahasan materi pada penelitian ini dibatasi pada materi jurnal penyesuaian perusahaan jasa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu.Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS 2 MAN Sumberoto yang berjumlah 26 siswa sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas XI IPS 1 MAN Sumberoto yang berjumlah 28 siswa sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes esai. Penelitian ini terdiri dari tiga data yaitu data kemampuan awal siswa data kemampuan akhir siswa dan data hasil belajar Akuntansi. Data hasil belajar siswa diperoleh dari selisih antara nilai post tes dan pre test (gainscore). Gainscore tersebut selanjutnya dianalisis menggunakan uji normalitas uji homogenitas dan uji t. Berdasarkan analisis uji t diperoleh signifikansi (0 000) (0 05) sehingga dapat disimpulkan bahwa hipotesis diterima yang berarti ada perbedaan positif yang signifikan terhadap hasil belajar melalui pembelajaran kooperatif dengan media kartu kerja. Hal ini menunjukkan bahwa siswa yang diajar dengan pembelajaran kooperatif dengan media kartu kerja memiliki hasil belajar yang lebih baik dari siswa yang diajar dengan pembelajaran kooperatif tanpa media. Berdasarkan penelitian ini disarankan bagi guru akuntansi menggunakan metode pembelajaran kooperatif dengan media kartu kerja sebagai salah satu alternatif pembelajaran yang dapat diterapkan untuk menambah variasi pembelajaran pada materi jurnal penyesuaian perusahaan jasa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 25 Oct 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/34475

Actions (login required)

View Item View Item