Pengaruh model reciprocal teaching terhadap hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran akuntansi kelas XI IPS di SMA Islam Almaarif Singosari / Fian Primayanti - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model reciprocal teaching terhadap hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran akuntansi kelas XI IPS di SMA Islam Almaarif Singosari / Fian Primayanti

Primayanti, Fian (2011) Pengaruh model reciprocal teaching terhadap hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran akuntansi kelas XI IPS di SMA Islam Almaarif Singosari / Fian Primayanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Model Reciprocal Teaching Hasil Belajar Kognitif Siswa Proses pembelajaran pada satuan pendidikan diselenggarakan secara interaktif menyenangkan menantang dan memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi secara aktif serta memberikan ruang yang cukup untuk menumbuhkan kreatifitas dan kemandirian sesuai dengan bakat minat dan perkembangan fisik serta psikologis peserta. Hal ini menunjukkan bahwa mengajar yang didesain guru harus berorientasi pada aktivitas siswa sehingga kualitas pembelajaran meningkat. Peningkatan kualitas pembelajaran dalam implementasi KTSP menuntut kemandirian guru untuk menciptakan suasana belajar yang kondusif agar peserta didik dapat mengembangkan aktivitas dan kreatifitas belajar secara optimal sehingga hasil belajar siswa meningkat. Salah satu cara untuk mengembangkan aktifitas belajar dan kreatifitas serta meningkatkan hasil belajar kognitif adalah model reciprocal teaching. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh positif implementasi Reciprocal Teaching siswa pada mata pelajaran Akuntansi terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPS di SMA Islam Almaarif Singosari. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai signifikansi hasil belajar aspek kognitif siswa dari uji t independent sample one tail sebesar 0 009. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa implementasi reciprocal teaching berpengaruh positif terhadap hasil belajar kognitif siswa. Hal ini juga didukung oleh tingkat keaktifan dan kemampuan berpikir kritis yang cukup tinggi pada siswa yang diajar dengan reciprocal teaching. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan bagi guru dapat menggunakan reciprocal teaching sebagai suatu alternatif penerapan model pembelajaran yang positif dan disarankan bagi peneliti yang akan dating sebaiknya melakukan penelitian pada pokok bahasan akuntansi yang lain melakukan pengukuran hasil belajar secara menyeluruh yaitu aspek kognitif psikomotorik dan afektif serta mempersiapkan instrumen penelitian secara matang lebih memperluas dan memperdalam kajian baik yang berhubungan dengan segi konseptual maupun aplikasi model reciprocal teaching sehingga dapat memahami model pembelajaran ini dengan baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 25 Oct 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/34473

Actions (login required)

View Item View Item