Istiqomah, Fia (2011) Analisis sajian materi pada buku teks akuntansi SMK kelompok bisnis dan manajemen kelas X Jurusan Akuntansi di Kota Malang / Fia Istiqomah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci analisis buku teks kurikulum kebenaran konsep kebenaran bahasa Buku merupakan salah satu faktor penunjang yang berperan penting dalam pembelajaran. Sesuai dengan peranan buku teks dalam proses belajar dan untuk memperoleh hasil yang baik maka kualitas buku perlu ditingkatkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persentase kesesuaian penyajian materi pada buku teks dengan kurikulum berdasarkan standar isi 2006 mendeskripsikan kesalahan konsep dan bahasa dalam buku teks. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif. Buku yang dikaji adalah buku teks akuntansi SMK Kelas X yaitu Hendi Somantri (HS) dan Toto Sucipto (TS). Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan menggunakan rancangan deskriptif Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) sebanyak 12 sub materi dari 14 sub materi yang ada termasuk dalam kriteria sesuai sedangkan pada buku TS ditemukan 19 sub materi yang sesuai dengan kurikulum dari 23 sub materi yang ada (2) pada buku HS ditemukan sebanyak 48 konsep atau sebesar 80% tergolong sebagai konsep yang benar sedangkan pada buku TS ditemukan sebanyak 73 konsep atau sebesar 82% tergolong sebagai konsep yang benar (3) kebenaran bahasa pada buku HS ditemukan sebanyak 232 kalimat atau sebesar 72% yang tergolong sebagai kalimat yang benar dari keseluruhan kalimat yang berjumlah 322 kalimat sedangkan pada buku TS ditemukan sebanyak 179 kalimat yang tergolong sebagai kalimat yang benar atau sebesar 69% dari keseluruhan kalimat yang berjumlah 263 kalimat. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kesesuaian materi dengan kurikulum pada buku HS dan TS tergolong tinggi. Konsep-konsep pada buku HS dan TS khususnya dalam Standar Kompetesi Mengerjakan Persamaan Dasar Akuntansi dan Mengelola Bukti Transaksi didominasi oleh konsep terdefinisi yang termasuk dalam konsep yang benar karena sesuai dengan buku acuan kebenaran konsep dalam Standar Kompetesi Mengerjakan Persamaan Dasar Akuntansi dan Mengelola Bukti Transaksi pada buku HS dan TS tergolong tinggi. Konsep-konsep konkrit yang ada pada kedua buku kebanyakan tergolong sebagai konsep yang tidak benar karena konsep-konsep tersebut didefinisikan. Kebenaran bahasa pada buku HS dan TS tergolong cukup. Ada beberapa kelemahan dari penelitian ini salah satunya adalah penelitian ini hanya menganalisis dua Standar Kompetensi yang ada pada buku teks yaitu Standar Kompetensi Mengerjakan Persamaan Dasar Akuntansi dan Mengelola Bukti Transaksi sehingga menyebabkan hasil penelitian ini tidak memuat hasil penelitian keseluruhan materi yang ada pada buku teks.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 30 Sep 2011 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2011 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/34459 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |