Hanifah, Ervin Mutia (2011) Pengaruh modernitas individu terhadap prestasi belajar siswa kelas II SMK Ardjuna I Malang tahun pelajaran 2009/2010 / Ervin Mutia Hanifah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata kunci Modernitas Individu Prestasi Belajar Pendidikan tidak lepas dari kegiatan belajar mengajar. Pada saat proses belajar mengajar di sekolah berlangsung setiap siswa tentu berharap mendapatkan hasil yang baik dan memuaskan sesuai dengan usaha yang dilakukan. Hasil dari kegiatan belajar mengajar ini kemudian disebut dengan prestasi belajar. Prestasi belajar biasanya dinyatakan dalam nilai rapor yang diberikan pada akhir semester. Dari prestasi belajar tersebut dapat dilihat tingkat penguasaan siswa atas materi-materi pembelajaran yang diberikan. Materi pembelajaran dapat diperoleh dari berbagai sumber baik dari yang diajarkan oleh guru di sekolah maupun dari sumber-sumber lain misalnya dengan memanfaatkan perangkat teknologi yang semakin canggih di jaman modern ini. Pada jaman yang semakin modern siswa diharapkan dapat bersikap berfikir dan bertindak sesuai tuntutan modernitas serta siap dalam menghadapi perkembangan masyarakat yang semakin maju. Siswa modern hendaknya aktif menambah pengetahuan dari berbagai sumber dengan memanfaatkan teknologi yang pada akhirnya akan berpengaruh pada peningkatan prestasi belajarnya. Penelitian ini merupakan penelitian eksplanasi yang bertujuan untuk mencari pengaruh variabel gaya belajar dan modernitas individu terhadap prestasi belajar siswa kelas II SMK Ardjuna 1 Malang. Metode pengumpulan data adalah metode kuesioner (angket) dan dokumentasi. Penelitian ini merupakan penelitian populasi dengan subyek penelitian siswa kelas II SMK Ardjuna 1 Malang yang berjumlah 66 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modernitas individu berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa kelas II SMK Ardjuna 1 Malang. Hal ini dapat diartikan semakin tinggi tingkat modernitas inidividu dalam diri responden maka responden tersebut akan dapat bersikap berfikir dan bertindak sesuai tuntutan jaman modern serta siap dalam menghadapi masyarakat yang semakin maju. Siswa modern aktif menambah pengetahuan dari berbagai sumber dengan memanfaatkan teknologi yang pada akhirnya berpengaruh pada peningkatan prestasi belajarnya. Saran untuk peneliti selanjutnya diharapkan meneliti pengaruh modernitas individu terhadap prestasi belajar pada siswa dengan satuan pendidikan yang berbeda-beda sehingga didapat hasil yang beragam. Selain itu dapat juga ditambah dengan variabel penelitian yang lain.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 12 Sep 2011 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2011 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/34443 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |