Pengaruh kebiasaan belajar terhadap hubungan antara nilai ujian nasional (NUN) SMP dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi kelas XI IPS di SMA Negeri 2 Nganjuk / Ria Ifina Fardiana - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh kebiasaan belajar terhadap hubungan antara nilai ujian nasional (NUN) SMP dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi kelas XI IPS di SMA Negeri 2 Nganjuk / Ria Ifina Fardiana

Fardiana, Ria Ifina (2011) Pengaruh kebiasaan belajar terhadap hubungan antara nilai ujian nasional (NUN) SMP dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi kelas XI IPS di SMA Negeri 2 Nganjuk / Ria Ifina Fardiana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci NUN kebiasaan belajar hasil belajar. Nilai Ujian Nasional (NUN) SMP merupakan hasil ujian nasional yang selanjutnya digunakan sebagai alat seleksi masuk SMA. Input yang berkualitas akan menghasilkan output yang berkualitas pula. Hal ini juga tidak terlepas dari proses belajar selama di SMA yang salah satunya dapat dilihat dari kebiasaan belajar siswa. Kebiasaan belajar adalah salah satu faktor yang mempengaruhi hasil belajar yang diduga dapat memperkuat atau memperlemah hubungan antara NUN SMP dengan hasil belajar. Siswa yang terbiasa membiasakan belajar baik dengan NUN tinggi maka akan memperoleh hasil yang baik sedangkan NUN tinggi dengan kebiasaan belajar buruk akan mnyebabkan hasil belajar rendah.Oleh karena itu penelitian ini dilakukan untuk mengkaji pengaruh kebiasaan belajar terhadap hubungan NUN SMP dengan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh NUN SMP terhadap hasil belajar akuntansi siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 2 Nganjuk. (2) pengaruh kebiasaan belajar terhadap hubungan NUN SMP dengan hasil belajar akuntansi siswa kelas XI di SMA Negeri 2 Nganjuk. Penelitian ini merupakan penelitian eksplanatif dengan jumlah sampel 48 siswa kelas XI IPS SMA Negeri 2 Nganjuk. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik angket/kuesioner dan dokumentasi. Adapun teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi dengan variabel moderat dengan uji residual. Hasil analisis regresi linier dengan uji t menggunakan SPPS 16.0 pada variabel NUN SMP (X1) diperoleh signifikansi 0 018 kurang dari 0 05 yang berarti ada pengaruh antara NUN SMP (X1) terhadap hasil belajar siswa (Y) kelas XI IPS SMA Negeri 2 Nganjuk.Variabel hasil belajar pada uji residual diperoleh signifikansi 0 241 lebih dari 0 05 yang berarti kebiasaan belajar bukan merupakan variabel moderat atau kebiasaan belajar tidak memperkuat atau memperlemah hubungan antara NUN dengan hasil belajar. Berdasarkan hasil penelitian ini maka disarankan bagi sekolah untuk lebih selektif dalam penerimaan siswa baru bagi siswa dapat dilakukan dengan belajar membiasakan belajar dengan baik sehingga hasil yang dicapai baik pula. Bagi peneliti selanjutnya sebaiknya mengukur hasil belajar tidak hanya dari ranah kognitifnya saja tetapi dengan menambah ranah afektif dan ranah psikomotor. Untuk melengkapi hasil penelitian ini perlu mengadakan penelitian kembali untuk sampel yang lebih luas lagi dan menggunakan variabel lain sebagai variabel moderat. Karena ada banyak faktor yang mempengaruhi hubungan antara NUN dengan hasil belajar seperti lingkungan sekolah dan lingkungan keluarga.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 10 Aug 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/34438

Actions (login required)

View Item View Item