Penerapan model pembelajaran kooperatif jigsaw dengan peta pikiran untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar akuntansi siswa kels X MA Al-Ula Ambat Tlanakan Pamekasan / M. Hasib - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran kooperatif jigsaw dengan peta pikiran untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar akuntansi siswa kels X MA Al-Ula Ambat Tlanakan Pamekasan / M. Hasib

Hasib, M. (2011) Penerapan model pembelajaran kooperatif jigsaw dengan peta pikiran untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar akuntansi siswa kels X MA Al-Ula Ambat Tlanakan Pamekasan / M. Hasib. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci model pembelajaran kooperatif jigsaw peta pikiran motivasi belajar hasil belajar Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus siklus 1 terdiri dari dua pertemuan dan siklus II terdiri atas tiga pertemuan penelitian ini dilaksanakan pada 4-16 Oktober pada semester ganjil tahun ajaran 2010/2011. Subjek penelitian adalah siswa kelas X MA Al-Ula Ambat Tlanakan Pamekasan yang berjumlah 37 siswa terdiri dari 18 siswa perempuan dan 19 siswa laki-laki pada pokok bahasan akuntansi dan sistem informasi. Data penelitian berupa motivasi belajar siswa yang diperoleh melalui observasi selama penelitian dan catatan lapangan sedangkan data hasil belajar siswa pada ranah kognitif diukur berdasarkan ketuntasan belajar siswa secara konvensional yang diperoleh melalui tes pada setiap akhir siklus. Instrument penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah soal tes lembar observasi motivasi lembar observasi kegiatan guru mengajar angket respon siswa terhadap model pembelajaran catatan lapangan. Dari hasil penelitian ini dideskripsikan langkah-langkah yang dilakukan guru dan aktivitas siswa ketika proses belajar pembelajaran dengan menerapkan pembelajaran kooperatif jigsaw dengan peta pikiran untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Penerapan model pembelajaran kooperatif jigsaw dengan peta pikiran untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa didahului dengan pengenalan model pembelajaran kooperatif jigsaw dan peta pikiran kepada siswa.motivasi siswa dapat dilihat dari aktivitas belajar siswa sedangkan hasil belajar siswa dapat dilihat dari nilai post test. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa model pembelajaran kooperatif jigsaw dengan peta pikiran dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Peningkatan motivasi belajar siswa ditunjukkan dengan peningkatan skor rata-rata persentase motivasi belajar siswa dan taraf keberhasilan tindakan pada siklus I sebesar 74 5% meningkat menjadi 80 75% pada siklus II. Peningkatan hasil belajar dapat diketahui dari ranah kognitif dengan ketuntasan belajar siswa sebelum menggunakan model pembelajaran kooperatif jigsaw dengan peta pikiran sebesar 35 13% dengan skor rata-rata 65 67 sedangkan pada siklus I sebesar 54 05% dengan skor rata-rata 68 24 dan pada siklus II meningkat menjadi 89 18% dengan skor rata-rata 77 70. Dengan demikian dapat disarankan bahwa guru dapat menggunakan model pembelajaran kooperatif jigsaw dengan peta pikiran pada pokok bahasan yang lain (selain akuntansi dan sistem informasi) untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar akuntansi siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 11 Feb 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/34397

Actions (login required)

View Item View Item