Penerapan pembelajaran kooperatif metode make-a-match untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas XI IPS pada mata pelajaran akuntansi pokok bahasan jurnal umum di SMA Kertanegara Malang / Nur Indahwati - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pembelajaran kooperatif metode make-a-match untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas XI IPS pada mata pelajaran akuntansi pokok bahasan jurnal umum di SMA Kertanegara Malang / Nur Indahwati

Indahwati, Nur (2010) Penerapan pembelajaran kooperatif metode make-a-match untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas XI IPS pada mata pelajaran akuntansi pokok bahasan jurnal umum di SMA Kertanegara Malang / Nur Indahwati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Indahwati Nur. 2009. Penerapan Pembelajaran Kooperatif Metode Make AMatch untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPS pada Mata Pelajaran Akuntansi Pokok Bahasan Jurnal Umum di SMA Kertanegara Malang. Skripsi Program Studi Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Yuli Widi Astuti S.E M.Si Ak (2) Ika Putri Larasati S.E M.Com Kata Kunci Make AMatch aktivitas belajar hasil belajar Berdasarkan observasi dan wawancara dengan guru mata pelajaran akuntansi di SMA Kertanegara Malang diperoleh informasi bahwa proses pembelajaran akuntansi dikelas masih menggunakan metode ceramah tanya jawab diskusi soal dan tugas. Hal ini menyebabkan siswa kurang aktif dan hanya sedikit siswa yang bertanya dan menjawab pertanyaan yang diajukan oleh guru. Hal ini akan berdampak pada hasil belajar siswa yang menunjukkan bahwa masih banyak siswa yang mengikuti remidi karena skor yang diperolaeh kurang memenuhi standar ketuntasan minimum yang ditetapkan oleh sekolah yaitu 70. Untuk mengatasi masalah tersebut diperlukan strategi pembelajaran yang dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Strategi yang diterapkan dalam penelitian ini adalah pembelajaran kooperatif metode Match AMatch. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan pembelajaran kooperatif metode make a match untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas XI IPS pada mata pelajaran Akuntansi pokok bahasan jurnal umum. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan kualitatif yang dilaksanakan di SMA Kertanegara Malang. penelitian ini dilakukan pada tanggal 14 Oktober hingga 28 Oktober 2009. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini dilakukan melalui tiga tahap yaitu 1) Reduksi data 2) Paparan data dan 3) Penyimpulan hasil analisis data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode Make AMatch dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa meskipun belum mencapai 100%. Pada siklus 1 aktivitas belajar siswa dilihat dari proses pembelajaran mencapai 76 67% meningkat pada siklus 2 mencapai 88 33%. Sedangkan aktivitas siswa ditinjau dari aspek afektif siswa pada siklus 1 mencapai 60 9% meningkat pada siklus 2 mencapai 91 3%. Sedangkan pada hasil belajar juga mengalami peningkatan sebelum tindakan diberikan skor ratarata hasil belajar sebesar 65 7% dengan ketuntasan belajar 52 2%. Pada siklus 1 hasil belajar ditinjau dari aspek kognitif sebesar 65 2% meningkat pada siklus 2 mencapai 87%. Sedangkan hasil belajar dilihat dari aspek psikomotorik pada siklus 1 sebesar 65 2% meningkat pada siklus 2 mencapai 87%. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan metode Make A Match (mencari pasangan) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas XI IPS SMA Kertanegara Malang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 19 Feb 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/34293

Actions (login required)

View Item View Item