Penerapan model pembelajaran kooperatif metode role playing untuk meningktakan motivasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi kelas XI MAN 1 Malang / Rismana Sita Dewi - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran kooperatif metode role playing untuk meningktakan motivasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi kelas XI MAN 1 Malang / Rismana Sita Dewi

Devi, Rismana Sita (2010) Penerapan model pembelajaran kooperatif metode role playing untuk meningktakan motivasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi kelas XI MAN 1 Malang / Rismana Sita Dewi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Devi Rismana Sita. 2010. Penerapan Pembelajaran Model Kooperatif Metode Role Playing Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Akuntansi Kelas XI/IPS MAN 1 Malang. Skripsi Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. H. Sumadi S.E. M. M. Pembimbing (2) Dr. Nurikha Restuningdiah S.E. M. Si. Ak. Kata kunci pembelajaran metode role playing motivasi belajar hasil belajar. Dalam pembelajaran metode role playing interaksi sosial menjadi salah satu faktor penting bagi perkembangan skema mental yang baru. Dimana dalam pembelajaran ini siswa ikut berperan aktif dan dapat mengetahui secara langsung bagaimana proses dari suatu kegiatan dalam bidang akuntansi hasil pembelajaran diharapkan lebih bermakna bagi siswa untuk memecahkan persoalan berfikir kritis dan melakukan observasi serta menarik kesimpulan dalam kehidupan jangka panjangnya. Oleh karena itu penelitian ini dilakukan dengan mengambil tema yang berkaitan dengan metode yang pembelajaran dengan maksud untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada pelajaran akuntansi dimana pelajaran akuntansi ini merupakan pelajaran yang membutuhkan keterampilan dan saling berkaitan dengan keterampilan yang lain serta harus didukung dengan keterampilan menghitung. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan pembelajaran metode role playing untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada mata diklat akuntansi. Ada 3 hal yang dideskripsikan dalam penelitian ini yaitu (1) aktivitas siswa pembelajaran akuntansi dengan metode role playing (2) motivasi belajar peserta didik (3) hasil belajar peserta didik. Sudrajat (2008 1) menyatakan bahwa Role playing atau bermain peran merupakan salah satu model pembelajaran yang diarahkan pada upaya pemecahan masalah-masalah yang berkaitan dengan hubungan antar manusia (interpersonal relationship) terutama yang menyangkut kehidupan peserta didik. Pengalaman belajar yang diperoleh dari metode ini meliputi kemampuan kerjasama komunikatif keaktifan dan menginterprestasikan suatu kejadian. Motivasi adalah tenaga pendorong atau penarik yang menyebabkan adanya perilaku seseorang ke arah suatu tujuan tertentu (Mulyasa 2006 195). Sedangkan hasil belajar adalah hasil belajar siswa pada hakikatnya adalah perubahan tingkah laku. Tingkah laku sebagai hasil belajar dalam pengertian yang luas mencakup bidang kognitif afektif dan psikomotoris (Sudjana 2009 3). Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan di MAN 1 Malang. Adapun subyek yang diteliti pada penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS 3 yang berjumlah 32 orang (15 putra 17 putri) peneltian ini dilakukan pada 27 Agustus 2009 sampai 27 September 2009. Analisis data yang digunakan dengan model alir (flow model) yang meliputi tahap mereduksi data menyajikan data dan menarik kesimpulan. Dengan menggunakan ii instrumen penelitian yaitu pedoman wawancara lembar observasi catatan lapangan dan tes akhir pada tiap akhir siklus. Analisis data dilakukan secara kualitatif. Hasil penelitian ini menunujukkan 1) Aktivitas siswa dalam pembelajaran metode role playing ini terdiri dari 6 tahap yaitu (a) menghangatkan suasana dan memotivasi peserta didik (b) diskusi (c) pemeranan (d) evaluasi pemeranan (e) pemberian tugas individu (f) tes akhir siklus 2) Motivasi siswa dengan menerapkan metode role playing menunjukkan hasil yang positif terlihat dari peningkatan signifikan dari siklus I ke siklus II baik dari aktivitas dan hasil belajar pembelajaran 3) hasil belajar siswa dengan menerapkan metode pembelajaran role playing menunjukkan hasil yang positif terlihat dari peningkatan signifikan dari siklus I ke siklus II baik dari segi aktivitas dan hasil pembelajaran. Saran yang dapat diberikan yaitu (1) Bagi guru bidang studi akuntansi MAN 1 Malang dianjurkan menggunakan metode role playing untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa (2) Siswa diharapkan mempersiapkan terlebih dahulu segala sesuatunya sebelum pelaksanaan kegiatan belajar di kelas sehingga akan memudahkan guru dalam memulai pelajaran hal ini juga dapat menghemat waktu (3) Bagi peneliti berikutnya disarankan untuk melakakukan penelitian tentang metode role playing pada pengajaran bidang studi lainnya dan di tempat yang berbeda.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 09 Feb 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/34276

Actions (login required)

View Item View Item