Pengaruh gaya belajar dan bimbingan belajar oleh orang tua terhadap prestasi belajar sisw Program Keahlian Akuntansi di SMK BM "Ardjuna" 01 Malang / Rosida Widyaningrum - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh gaya belajar dan bimbingan belajar oleh orang tua terhadap prestasi belajar sisw Program Keahlian Akuntansi di SMK BM "Ardjuna" 01 Malang / Rosida Widyaningrum

Widyaningrum, Rosida (2009) Pengaruh gaya belajar dan bimbingan belajar oleh orang tua terhadap prestasi belajar sisw Program Keahlian Akuntansi di SMK BM "Ardjuna" 01 Malang / Rosida Widyaningrum. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Lembaga pendidikan dalam melaksanakan fungsi dan tugasnya diharapkan mampu mengoptimalkan perannya sehingga dapat tercapai tujuan yang diinginkan yaitu tercapainya prestasi belajar yang baik. Prestasi belajar sampai saat ini menjadi indikator untuk menilai tingkat keberhasilan siswa dalam proses belajar. Prestasi belajar yang baik dapat mencerminkan gaya belajar yang baik karena dengan mengetahui dan memahami gaya belajar yang terbaik bagi dirinya akan membantu siswa dalam belajar sehingga prestasi yang dihasilkan akan maksimal. Di samping gaya belajar bimbingan belajar oleh orangtua juga mempunyai peran terhadap prestasi belajar siswa. Bimbingan belajar oleh orangtua maksudnya adalah pengarahan ajar latih dan pengasuhan yang diberikan oleh orangtua agar anak dapat mengadakan penyesuaian dengan diri dan lingkunganya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh gaya belajar dan bimbingan belajar oleh orangtua terhadap prestasi belajar siswa program keahlian Akuntansi di SMK BM Ardjuna 01 Malang baik secara parsial maupun secara simultan. Penelitian ini merupakan penelitian eksplanasi. Metode pengumpulan data adalah metode kuesioner (angket) dan metode dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 1 2 dan 3 program keahlian Akuntansi dengan jumlah 67 siswa. Dari hasil analisis statistik deskriptif diperoleh (a) gaya belajar yang paling dominan digunakan adalah gaya belajar visual yaitu 45 siswa (35.93 %) (b) bimbingan belajar oleh orangtua adalah 38 siswa (56.72 %) baik (c) prestasi belajar siswa yang paling dominan adalah sedang dengan frekuensi 30 siswa (44.78%). Dari hasil analisis statistik inferensial diperoleh (1) terdapat pengaruh yang signifikan antara gaya belajar terhadap prestasi belajar siswa program keahlian Akuntansi SMK BM Ardjuna 01 Malang (2) tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara bimbingan belajar oleh orangtua terhadap prestasi belajar siswa program keahlian Akuntansi SMK BM Ardjuna 01 Malang (3) secara simultan terdapat pengaruh yang signifikan antara gaya belajar dan bimbingan belajar oleh orangtua terhadap prestasi belajar siswa program keahlian Akuntansi SMK BM Ardjuna 01 Malang. Nilai koefisien determinasi yang sudah disesuaikan (Adjusted R Square) sebesar 0.136 yang berarti variabel terikat prestasi belajar dijelaskan oleh variabel bebas gaya belajar dan bimbingan belajar oleh orangtua sebesar 13.60 %. Sedangkan sisanya 86.40% dijelaskan oleh variabel di luar variabel yang tidak digunakan dalam penelitian. Disarankan agar siswa khususnya siswa program keahlian Akuntansi SMK BM Ardjuna 01 Malang agar lebih mengetahui dan memahami gaya belajar yang terbaik bagi dirinya sehingga prestasi yang dihasilkan dapat maksimal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 13 Oct 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/34255

Actions (login required)

View Item View Item