Usaha pengembangan kompetensi profesional guru SMK jurusan Bisnis Manajemen Program Studi Akuntansi di Kota Pasuruan / Rusita Rakhmawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Usaha pengembangan kompetensi profesional guru SMK jurusan Bisnis Manajemen Program Studi Akuntansi di Kota Pasuruan / Rusita Rakhmawati

Rakhmawati, Rusita (2009) Usaha pengembangan kompetensi profesional guru SMK jurusan Bisnis Manajemen Program Studi Akuntansi di Kota Pasuruan / Rusita Rakhmawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pemberlakuan sertifikasi guru menjadi pendidik sebagai suatu profesi yang benar-benar profesional dan menjanjikan dilihat dari kontribusi tunjangan. Sesungguhnya serti-fikasi ini bermaksud meningkatkan mutu pendidikan dari sektor guru bukan untuk me-naikkan gaji atau kesejahteraan. Guru yang telah memiliki sertifikat pendidik harus terus melakukan peningkatan kompetensinya melalui berbagai kegiatan untuk meningkatkan profesionalitas guru berkelanjutan (Continous Profesional Development). Hal ini harus berlangsung secara berkesinambungan karena prinsip mendasar adalah guru harus merupakan a learning person. Belajar sepanjang hayat selama masih di kandung badan sebagai guru profesional dan telah menyandang sertifikat pendidik guru harus berkewa-jiban untuk terus mempertahankan profesionalitasnya sebagai guru. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui usaha pengembangan kompetensi profesional guru SMK jurusan Akuntansi yang lulus sertifikasi melalui portofolio dan lulus sertifikasi melalui PLPG di Kota Pasuruan. Pendekatan yang digunakan dalam skripsi ini adalah deskriptif kualitatif. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh guru Akuntansi yang telah lulus sertifikasi melalui por-tofolio dan yang melalui PLPG di SMK se Kota Pasuruan. Sampel penelitian ini adalah guru Akuntansi yang lulus sertifikasi dari SMKN 1 Pasuruan SMK PGRI 1 Pasuruan dan SMK PGRI 4 Pasuruan. Data penelitian berupa hasil wawancara dan observasi. Ins-trumen penelitian berupa pedoman wawancara dan lembar observasi. Teknik analisis data dengan reduksi data penyajian data dan menarik kesimpulan. Hasil analisis data maka dapat disimpulkan sebagai berikut (1) Guru akuntansi yang lulus sertifikasi melalui portofolio dan guru yang lulus sertifikasi melalui PLPG ke-mampuan penguasaan bahan pengajaran terlihat hampir sama mereka belum mengem-bangkan keprofesionalannya secara maksimal. (2) Guru yang lulus sertifikasi melalui portofolio maupun yang lulus melalui PLPG mempunyai kemampuan yang relatif sama dalam kemampuan menggunakan media pembelajaran dan sumber pengajaran. (3) Guru- guru yang lulus sertifikasi melalui portofolio dan melalui PLPG telah mengembangkan kompetensi profesionalannya. (4) Guru-guru yang lulus sertifikasi melalui portofolio dan yang lulus melalui PLPG telah mengembangkan kompetensi profesionalannya dalam kemampuan mengelola program belajar mengajar. (5) Guru-guru yang lulus sertifikasi melalui portofolio dan melalui PLPG dapat mengembangkan kompetensi profesionalan-nya dengan mampu mengelola kelas dengan baik. (6) Guru- guru yang lulus sertifikasi melalui portofolio dan lulus melalui PLPG telah mengembangkan keterampilan dasar mengajar sehingga dapat dikatakan telah mampu mengelola interaksi belajar mengajar di dalam kelas. (7) Guru yang lulus sertifikasi melalui portofo-lio guru melakukan evaluasi terhadap siswa masih mengarah ke ranah kognitif namun untuk guru yang lulus sertifika-si melalui PLPG evaluasi terhadap siswa sudah mengarah ke ranah afektif kognitif dan psikomotorik. (8) Semua guru yang lulus sertifikasi melalui portofolio dan yang lulus melalui PLPG belum ada yang melakukan penelitian tentang PTK. Kesimpulan dari penelitian ini adalah Guru akuntansi yang lulus sertifikasi mela-lui portofolio usaha pengembangan kompetensi profesionalnya sudah cukup baik namun belum maksimal. Kemudian untuk guru yang lulus sertifikasi melalui PLPG usaha pengembangan kompetensi profesionalnya sudah cukup baik namun belum maksimal. Saran untuk penelitian selanjutnya sebaiknya (1) peneliti menguji kualitas dari pertanyaan-pertanyaan yang akan diajukan kepada subjek penelitian agar indikator-indikator dari variabel penelitian dapat dimunculkan dan data atau informasi yang diperoleh sesuai dengan yang dibutuhkan. (2) Guru sebagai subjek penelitian sebaiknya dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan dari peneliti hendaknya jawaban yang diberikan tidak menyimpang dari pertanyaan yang diajukan sehingga informasi yang diperoleh menjadi lebih akurat. Keterbatasan dalam penelitian ini adalah bahwa instrumen penelitian berupa daftar pertanyaan yang telah dibuat masih kurang dapat menunjukkan indikator-indikator dari variabel penelitian yang akan diteliti. Sehingga data yang diperoleh masih kurang lengkap.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 02 Oct 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/34240

Actions (login required)

View Item View Item