Penerapan metode pembelajaran kooperatif model stad (Student Teams Achievement Division) untuk meningkatkan nilai dan partisipasi siswa dalam kegiatan pembelajaran mata diklat akuntansi siswa kelas XIAK2 SMKN 1 Turen / Ika Widarti - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan metode pembelajaran kooperatif model stad (Student Teams Achievement Division) untuk meningkatkan nilai dan partisipasi siswa dalam kegiatan pembelajaran mata diklat akuntansi siswa kelas XIAK2 SMKN 1 Turen / Ika Widarti

Widiarti, Ika (2009) Penerapan metode pembelajaran kooperatif model stad (Student Teams Achievement Division) untuk meningkatkan nilai dan partisipasi siswa dalam kegiatan pembelajaran mata diklat akuntansi siswa kelas XIAK2 SMKN 1 Turen / Ika Widarti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Widiarti Ika.2009.Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Model STAD (Student Teams Achievement Division) untuk Meningkatkan Nilai dan Partisipasi Siswa dalam Kegiatan Pembelajaran Mata Diklat Akuntansi Siswa Kelas XI AK2 SMK Negeri 1 Turen.Skripsi Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing DR Dyah Aju Wardhani SE. MSi. Ak Makaryanawati SE. MSi. Ak Kata Kunci Pembelajaran Kooperatif Model STAD Nilai Partisipasi Metode pembelajaran konvensional dengan ceramah oleh guru dan berpusat pada guru (Teacher Center) yang belum melibatkan siswa secara aktif menyebabkan siswa pasif. Sehingga nilai dan partisipasi siswa yang dihasilkan tidak bisa optimal. Berdasarkan data ujian banyak siswa yang memperoleh nilai dibawah Standar Kelulusan Minimal (SKM). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan nilai dan partisipasi siswa dengan penerapan pembelajaran kooperatif model STAD. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data adalah dengan tes observasi wawancara pengamatan rubrik penilaian catatan lapangan dan angket. Teknik analisis data yang digunakan reduksi data paparan data kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran model STAD mampu meningkatkan nilai dan partisipasi siswa. Nilai dari aspek kognitif siklus I berdasarkan nilai tugas rata rata kelas 72 dengan tingkat ketuntasan klasikal 63% pada siklus II nilai rata rata kelas 81 tingkat ketuntasan klasikal 88%. Nilai ujian siswa pada siklus I nilai rata rata kelas 78 dengan tingkat ketuntasan klasikal 77% siklus II nilai rata rata kelas 87 dengan tingkat ketuntasan klasikal 93%. Nilai dari aspek afektif siklus I tingkat ketuntasan klasikal 63% siklus II tingkat ketuntasan klasikal naik menjadi 98%. Nilai dari aspek psikomotorik pada siklus I tingkat ketuntasan klasikal 67% dan pada siklus II tingkat ketuntasan klasikal naik menjadi 86%. Partisipasi siswa dalam kelompok siklus I ada 1 kelompok memperoleh nilai dengan kualitas baik (12 5%) dan 7 kelompok dengan kualitas nilai sedang (87 5%) dan pada siklus II ada 6 kelompok dengan kriteria baik (75%) dan 2 kelompok dengan kriteria sedang (25%). Partisipasi siswa dari unsur kooperatif siklus I dengan kualitas nilai baik sebanyak 3 kelompok (37 5%) kualitas sedang sebanyak 4 kelompok (50%) kualitas kurang sebanyak 1 kelompok (12 5%) siklus II semua kelompok sudah memperoleh nilai maksimal dengan kualitas baik dimana 8 kelompok (100%). Aktivitas siswa dalam pembelajaran pada siklus I taraf keberhasilan 65 6% dan pada siklus II taraf keberhasilan 92 1 %. Peran guru pada siklus I taraf keberhasilan sebesar 87 5 % siklus II taraf keberhasilan sebesar 95 8%. Siswa merespon model STAD dengan sangat positif dimana siswa merasa senang karena dapat belajar tidak hanya dari guru tetapi juga dari sesama siswa. Berdasarkan hasil penelitian maka disarankan (1) model STAD dapat menjadi alternatif perbaikan strategi pembelajaran (3) bagi guru mata diklat yang bersangkutan dapat menjadi alternatif metode pembelajaran untuk mengatasi permasalahan pembelajaran yang selama ini terjadi senantiasa ciptakan suasana kelas yang kondusif gunakan metode pembelajaran yang bervariasi gunakan bahan ajar dan media pembelajaran yang lebih bervariasi agar siswa tidak merasa bosan dalam pembelajaran yang berbasis kelompok maka bentuk kelompok yang heterogen perhatikan posisi duduk siswa dan selalu dorong siswa untuk memberikan pendapatnya (4) siswa harus mempersiapkan diri sebelum kegiatan belajar mengajar berlangsung (5) bagi penelitian yang lain perbanyak siklus dan pertemuan tiap siklus terapkan dengan materi lain dan model pembelajaran kooperatif yang lain perbanyak Observer.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 31 Mar 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/34213

Actions (login required)

View Item View Item