Pengaruh kesesuaian tempat PSG dengan program keahlian, motivasi, dan kesepian siswa terhadap prestasi PSG siswa kelas III program keahlian akuntansi SMKN 2 Blitar / Evi Mustikawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh kesesuaian tempat PSG dengan program keahlian, motivasi, dan kesepian siswa terhadap prestasi PSG siswa kelas III program keahlian akuntansi SMKN 2 Blitar / Evi Mustikawati

Mustikawati, Evi (2009) Pengaruh kesesuaian tempat PSG dengan program keahlian, motivasi, dan kesepian siswa terhadap prestasi PSG siswa kelas III program keahlian akuntansi SMKN 2 Blitar / Evi Mustikawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pencapaian prestasi PSG sangat erat kaitannya dengan penempatan siswa di bidang yang sesuai dengan program keahliannya mengingat pelaksanaan PSG tidak terlepas dari dunia kerja (DU/DI). Pelaksanakan PSG erat hubungannya dengan motivasi siswa baik motivasi intrinsik maupun motivasi ekstrinsik. Jika siswa memiliki motivasi yang tinggi dalam melaksanakan PSG maka siswa akan terdorong untuk melaksanakan tugas-tugas yang diberikan di DU/DI dengan sebaik-baiknya sehingga hasil/prestasi yang dicapai juga akan optimal. Selain motivasi faktor kesiapan siswa juga mempengaruhi prestasi PSG yang dicapai siswa.Siswa yang memiliki kesiapan dalam melaksanakan PSG akan dapat bekerja dengan baik di DU/DI sebaliknya siswa yang kurang atau bahkan tidak siap dalam melaksanakan PSG berarti tidak memiliki bekal yang cukup ketika memasuki DU/DI sehingga tidak akan dapat mengerjakan tugas-tugasnya dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kesesuaian tempat PSG dengan program keahlian motivasi dan kesiapan siswa baik secara parsial maupun simultan terhadap motivasi belajar siswa. Penelitian ini termasuk penelitian eksplanasi (explanatory research) dengan pendekatan survey. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III program keahlian Akuntansi di SMKN 2 Blitar dengan pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling . Instrumen dalam penelitian ini menggunakan angket dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan Pearson Product Moment untuk uji validitas Alpha Cronbach untuk uji reliabilitas dan regresi berganda untuk mengetahui pengaruh baik secara parsial maupun simultan dari variabel-variabel dalam penelitian ini. Dari hasil analisis data diketahui bahwa (1) Kesesuaian tempat PSG dengan program keahlian berpengaruh terhadap prestasi PSG terbukti dari hasil analisis diperoleh nilai t 3 934 dan signifikan t 0 000 (2) Motivasi siswa dalam melaksanakan PSG berpengaruh terhadap prestasi PSG terbukti dari hasil analisis diperoleh nilai t 1 912 dan signifikan t 0 005 (3) Kesiapan siswa dalam melaksanakan PSG berpengaruh terhadap prestasi PSG terbukti dari hasil analisis diperoleh nilai t 1 587 dan signifikan t 0 004 (4) Kesesuaian tempat PSG dengan program keahlian motivasi dan kesiapan siswa dalam melaksanakan PSG berpengaruh secara simultan tehadap prestasi PSG terbukti dari hasil analisisdiperoleh nilai F 18 312 dan signifikan F 0 000.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 14 May 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/34210

Actions (login required)

View Item View Item