Pengaruh persepsi guru atas program sertifikasi pengembangan kemampuan profesional guru ekonomi SMAN se-Kota Malang / Nieken Ailia Regina - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh persepsi guru atas program sertifikasi pengembangan kemampuan profesional guru ekonomi SMAN se-Kota Malang / Nieken Ailia Regina

Regina, Nieken Ailia (2009) Pengaruh persepsi guru atas program sertifikasi pengembangan kemampuan profesional guru ekonomi SMAN se-Kota Malang / Nieken Ailia Regina. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Regina Nieken Ailia. 2008. Pengaruh Persepsi Guru atas Program Sertifikasi Terhadap Pengembangan Kemampuan Profesional Guru Ekopnomi SMAN se-kota Malang. Jurusan Akuntansi Program Studi S1 Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang Pembimbing (I) Dr. Puji Handayati SE. MM. Ak.(II). Dra. Suparti MP. Kata Kunci Persepsi Guru Program Sertifikasi Pengembangan Kemampuan Profesional Guru Pendidikan berfungsi sebagai pendorong dalam peningkatan kecakapan dan kemampuan manusia Indonesia agar menjadi masyarakat yang berkualitas. Salah satu masalah pendidikan yang kita hadapi saat ini adalah rendahnya mutu pendidikan pada setiap jenjang dan satuan pendidikan. Salah satu upaya pemerintah yaitu dengan penetapan program sertifikasi bagi guru. Keberhasilan program ini sangat ditentukan olah persepsi guru atas program sertifikasi bagi guru yang merasa program ini menguntungkan akan berusaha memenuhi kualifikasi uji sertifikasi tetapi bagi guru yang merasa kurang diuntungkan dengan program ini akan menyambut kurang baik adanya program sertifikasi. Uji sertifikasi dilaksanakan melalui penilaian portofolio dan tes kinerja. Guna memenuhi standar tes kinerja guru harus meningkatkan kemampuan profesionalnya. Maka tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi guru akuntansi atas program sertifikasi dan untuk mengetahui pengaruh persepsi guru atas program sertifikasi terhadap pengembangan kemampuan profesionalnya Penelitian ini termasuk jenis penelitian ekplanasi (explanatory research). Sedangkan analisis statistik inferensial menggunakan analisi regresi linier sederhana. Analisis ini digunakan untuk mengetahui besarnya pengaruh antara persepsi guru atas program sertifikasi terhadap pengembangan kemampuan profesional guru ekonomi SMAN se-kota Malang. Dari pengolahan data dapat diketahui bahwa guru memiliki persepsi yang baik terhadap program sertifikasi. Berdasarkan perhitungan deskriptif frekwensi persepsi guru atas program sertifikasi berada pada kualifikasi tinggi yaitu sebesar 44 44%. Sedangkan untuk mengembangan kemampuan profesional guru berdasarkan perhitungan deskriptif frekwensi berada pada kualifikasi tinggi yaitu sebesar 38 89%. Persepsi guru atas program sertifikasi berpengaruh positif terhadap pengembangan kemampuan profesional guru. Hal ini berdasarkan persamaan regresi sebagai berikut Y 109.499 0.551X. Dari persamaan regresi tersebut diketahui bahwa bila tingkat persepsi guru atas program sertifikasi (X) naik satu satuan maka pengembangan kemampuan profesional guru juga naik sebesar 0 551. Selain itu nilai R2 sebesar 0.261 menunjukan bahwa variabel pengembangan kemampuan profesinal guru di pengaruhi variabel persepsi guru atas program sertifikasi sebesar 26% dan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain. Faktor yang mempengaruhi pengembangan kemampuan profesional guru tersebut dapat berasal dari lingkungan sekolah sesama guru kepala sekolah siswa bahkan peraturan pemerintah yang lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 17 Jul 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/34206

Actions (login required)

View Item View Item