Zaimulya, M. Dendy (2009) Pengaruh persepsi siswa tentang strategi pembelajaran Team Teaching terhadap motivasi belajar dan hasil belajar siswa di SMA Negeri 2 Situbondo / M. Dendy Zaimulya. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Team teaching merupakan sebuah pengaturan khusus yang melibatkan sedikitnya dua guru dalam perencanaan penyampaian dan penilaian kemampuan siswa. Mereka bekerja sama sebagai suatu team bukan sebagai individu. Keberadaan strategi pembelajaran team teaching di sekolah akan menimbulkan persepsi siswa untuk lebih termotivasi dalam mengikuti pelajaran di sekolah. Dengan meningkatnya motivasi belajar siswa akan berpengaruh terhadap hasil belajar atau prestasi belajar siswa secara optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh langsung persepsi siswa tentang strategi pembelajaran team teaching terhadap motivasi belajar siswa di SMA Negeri 2 Situbondo (2) pengaruh langsung persepsi siswa tentang strategi pembelajaran team teaching terhadap hasil belajar siswa di SMA Negeri 2 Situbondo (3) pengaruh langsung motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar siswa di SMA Negeri 2 Situbondo (4) pengaruh tidak langsung persepsi siswa tentang strategi pembelajaran team teaching terhadap hasil belajar melalui motivasi belajar siswa di SMA Negeri 2 Situbondo. Penelitian ini merupakan penelitian populasi yang dilakukan pada 74 siswa kelas XI IPS1 dan XI IPS2 SMA Negeri 2 Situbondo. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian eksplanasi asosiatif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik kuesioner dan dokumentasi. Adapun teknik analisis yang digunakan adalah analisis jalur (path analysis). Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) persepsi siswa tentang strategi pembelajaran team teaching dapat mempengaruhi motivasi belajar siswa dengan nilai koefisien beta terstandarisasi sebesar 0 365 (2) persepsi siswa tentang strategi pembelajaran team teaching berpengaruh terhadap hasil belajar siswa dengan nilai koefisien beta terstandarisasi sebesar 0 667 (3) motivasi belajar siswa dapat mempengaruhi hasil belajar siswa dengan nilai koefisien beta terstandarisasi sebesar 0 395 (4) persepsi siswa tentang strategi pembelajaran team teaching berpengaruh pada hasil belajar siswa melalui motivasi belajar siswa sebesar 0 144. Berdasarkan hasil penelitian ini maka saran yang dapat diberikan adalah (1) guru team teaching hendaknya meningkatkan kemampuan mengajar yang lebih kreatif lagi agar siswa memiliki persepsi yang positif sehingga siswa dapat lebih termotivasi untuk belajar dan tidak cepat merasa jenuh dengan mata pelajaran yang dihadapinya sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai. Selain itu guru team teaching diharapkan dapat memperhatikan faktor-faktor lain yang dapat mempengaruhi hasil belajar sehingga hasil belajar dapat tercapai secara optimal (2) siswa diharapkan sebisa mungkin selalu meningkatkan motivasi belajarnya karena motivasi belajar yang tinggi merupakan salah satu faktor yang penting untuk meningkatkan hasil belajar. Selain itu siswa hendaknya selalu memiliki persepsi yang positif terhadap guru team teaching agar dapat selalu merasa nyaman ketika belajar bersama guru team teaching sehingga hasil belajar dapat tercapai secara optimal dan (3) bagi peneliti lain yang akan mengadakan penelitian sejenis disarankan variabel yang ingin diteliti lebih diperluas misalnya latar belakang sosial ekonomi lingkungan sosial siswa atau minat siswa sehingga dapat mengungkapkan lebih banyak permasalahan dan memberikan hasil dari temuan penelitian yang lebih berarti dan bermanfaat bagi banyak pihak.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 22 Jun 2009 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2009 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/34203 |
Actions (login required)
View Item |