Wijayanti, Mira Churnia (2009) Penerapan lesson study dalam proses pembelajaran ekonomi kelas XII Program Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang / Mira Churnia Wijayanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Wijayanti Mira Churnia. Penerapan lesson study dalam proses pembelajaran ekonomi kelas XII program ilmu pengetahuan sosial (IPS) di SMA laboraturium UM.Skripsi Program Studi S1 Pendidikan Akuntansi. Jurusan Akuntansi. Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Suparti MP (II) Drs. H. Sumadi S.E M.M Kata kunci Lesson study pembelajaran Banyak usaha yang dilakukan pemerintah untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia diantaranya adalah menyempurnakan kurikulum meningkatkan fasilitas pengajaran di tiap-tiap sekolah serta meningkatkan kompetensi guru sebagai tenaga pendidik dan pengajar. SMA Laboraturium UM adalah salah satu sekolah yang menyelenggarakan kegiatan lesson study. Kegiatan ini merupakan kegiatan yang berkesinambung untuk meningkatkan kompetensi guru. Guru yang semakin berkompeten diharapkan dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi siswa dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan 1) Implementasi kegiatan lesson study dalam pembelajaran ekonomi dan akuntansi di SMA Laboraturium Universitas Negeri Malang 2) Aktivitas siswa di kelas saat dilaksanakan lesson study di SMA Laboraturium Universitas Negeri Malang 3) Prestasi belajar siswa setelah dilaksanakan lesson study khususnya pada mata pelajaran ekonomi dan akuntansi. Dalam Penelitian ini peneliti menggunakan teknik observasi langsung terhadap kegiatan lesson study yang terdiri atas tahap plan do dan see. Dari kegiatan observasi peneliti membuat catatan lapangan sebagai penguat bagi peneliti terhadap data data yang terstruktur dan data-data yang belum terstruktur. Selain itu peneliti juga menggunakan tehnik wawancara yang tidak terstruktur pihak yang diwawancara adalah guru tim Akadasi dan siswa. Berdasarkan temuan peneliti yang sudah dilakukan diperoleh data bahwa di SMA Laboraturium telah dilaksanakan lesson study dengan baik. Pada saat dilaksanakan lesson study siswa telihat aktif mengikuti proses pembelajarab dan Dengan adanya lesson study ini menurut hasil dari wawancara rata-rata prestasi siswa meningkat hal ini disebabkan siswa lebih termotivasi dalam belajar jika guru tepat dalam menggunakan metode pembelajaran. Implementasi lesson study pada pelajaran ekonomi akuntansi di SMA Laboraturium Universitas Negeri Malang sudah sesuai dengan prosedur pelaksanaan lesson study yang meliputi tahapan plan do dan see Aktivitas siswa dalam pembelajaran saat lesson study terlihat aktif hal ini bisa dilihat pada saat diskusi kelas Dengan pelaksanaan lesson study prestasi siswa khususnya dalam pelajaran ekonomi akuntansi cenderung meningkat. Dari penelitian ini disarankan kepada guru untuk mengikuti kegiatan lesson study ini dengan baik dalam rangka meningkatkan kualitas guru dan untuk sekolah lain diharapkan untuk segera menerapkan lesson study ini dan untuk peneliti berikutnya untuk lebih mengkaji tentang lesson study.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 12 Jun 2009 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2009 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/34200 |
Actions (login required)
View Item |